Makanan yang Harus Dikonsumsi saat Keracunan Makanan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Keracunan makanan adalah suatu kondisi kesehatan yang disebabkan dari makan makanan yang terkontaminasi. Biasanya, bakteri atau parasit patogen yang mentransfer melalui makanan yang tidak sehat ke dalam sistem. Makanan mungkin telah terkontaminasi karena disajikan atau pengolahannya tidak higienis atau karena bahan-bahan yang digunakan tidak higienis.

Keracunan makanan dapat membuat Anda merasa sakit dan tidak mampu mencerna makanan Anda selama berhari-hari. Kadang membutuhkan satu minggu sebelum tubuh Anda merasa cukup kuat untuk menikmati makanan yang tepat. Selama periode ini, Anda akan perlu untuk menjaga diri cukup gizi, sehingga Anda tidak merasa lemah atau dehidrasi.

Beberapa tanda-tanda keracunan makanan termasuk diare, sakit perut, muntah-muntah hebat, sakit kepala, demam dan lemas. Sangat penting bahwa Anda makan makanan yang memberikan banyak waktu istirahat untuk perut Anda dan memberikan beberapa makanan bernutrisi untuk tubuh Anda selama sakit ini. Berikut beberapa makanan yang dapat dikonsumsi saat keracunan:

  1. Sayuran rebus

Ketika keracunan makanan, penting untuk makan sehat sehingga Anda mendapatkan jumlah nutrisi penting yang diperlukan untuk memulihkan kondisi tubuh. Itulah sebabnya Anda harus menyertakan sayuran rebus ke dalam diet Anda. Anda dapat membuat persiapan dengan hanya merebus beberapa sayuran dan menambahkan bumbu yang diperlukan, tanpa membuat hidangan terlalu pedas. Gunakan minyak bergizi seperti minyak zaitun sehingga memberikan beberapa rasa untuk makanan. Atau Anda bisa memanggang sayuran jika Anda lebih suka hidangan yang disiapkan dengan cara ini.

  1. Sup ayam

Sup ayam kaya akan gizi dan memiliki sifat obat. Jadi, sangat baik kita mengonsumsi sup ayam saat ingin memulihkan tubuh yang keracunan.

  1. Buah-buahan

Makanlah dalam porsi kecil buah-buahan seperti pisang, apel, pir, atau pepaya.

  1. Yogurt

Saat kita sedang menderita gangguan perut. Yogurt juga baik untuk kesehatan dan ringan untuk dikonsumsi.

  1. Minum air putih dan air kelapa hijau

Salah satu gejala utama saat kita keracunan makanan adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Gejala ini biasanya diawali dengan muntah-muntah. Akibatnya, tubuh cenderung kehilangan banyak air dan makanan karena muntah terlalu sering.

Maka dari itu, sebaiknya Anda menenangkan perut dengan mengonsumsi minuman es buah atau jus buah segar. Cara ini bisa membantu menghilangkan sisa rasa busuk yang ada di mulut akibat muntah-muntah tadi. Setelah itu, bisa beralih ke minuman manis seperti air kelapa hijau, garam dan jus lemon dengan larutan gula untuk mengatasi dehidrasi.

Perhatikan cara menyimpan, mencuci serta mengolah bahan makanan hingga menjadi sebuah menu yang siap dimakan. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari gejala keracunan yang berulang. Berikut cara mengolah yang higienis yaitu:

  • Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir saat akan mengolah makanan.
  • Selalu cuci buah dan sayur sebelum dimakan, terutama ketika Anda akan makan buah atau sayur yang mentah.
  • Selalu bersihkan peralatan masak dan alat makan dengan sabun hingga menyeluruh.
  • Gunakan telenan dan pisau yang terpisah untuk tiap jenis makanan.

Simpan bahan makanan dengan baik, contohnya pisahkan penyimpanan daging mentah dengan makanan yang sudah matang. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here