Makanan Yang Membuat Tidur Lebih Lelap

0
157

SehatFresh.com – Masalah tidur atau yang sering disebut insomnia merupakan keluhan kesehatan yang paling umum. Secara teknis, insomnia didefinisikan sebagai masalah tidur yang dialami selama setidaknya satu bulan. Masalah tidur membuat tubuh menjadi sulit untuk memperbaiki, mendetoksifikasi, menurunkan berat badan, menyeimbangkan gula darah dan mencerna makanan. Penelitian  juga telah menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menurunkan sel-sel pembunuh alami  yang merupakan sel-sel kekebalan yang melawan kanker. Studi lain menunjukkan bahwa kemampuan tubuh untuk melawan virus seperti flu biasa bisa menurun 300% jika kita tidur kurang dari 7 jam.

Makanan bisa menjadi pendukung yang kuat agar tidur malam Anda lebih nyenyak. Protein yang cukup dan asupan lemak sehat dapat membantu menstabilkan gula darah di malam hari dan memungkinkan hati untuk mengeluarkan molekul gula yang disimpan di tubuh yang diperlukan untuk tidur malam yang baik. Makanan juga dapat mendukung produksi neurotransmitter otak yang sehat.

Berikut adalah beberapa makanan yang bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak:

  • Susu

Susu merupakan salah satu jenis minuman yang direkomendasikan untuk membantu meningkatkan kualitas tidur dan mempermudah seseorang untuk tidur lebih awal. Minum susu hangat sebelum tidur bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak. Susu kaya akan kalsium yang membuat otot lebih relaks. Susu juga membantu tubuh menghasilkan melatonin. Susu mengandung hormon yang memberi relaksasi pada tubuh dan menenangkan (asam amino triptofan).

  • Madu

Teh dengan campuran madu dapat memberikan rasa tenang dan membantu Anda rileks sebelum tidur. Rasa manis pada madu tidak hanya enak, tetapi juga bersiifat merangsang tidur. Gula pada madu menghasilkan insulin yang membantu triptofan lebih mudah masuk ke otak agar Anda merasa mengantuk. Satu sendok makan madu sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih lelap.

  • Pisang

Pisang mengandung magnesium, kalium, dan mineral yang membantu merelaksasi otot dan membantu Anda tertidur lebih pulas. Pisang memiliki kandungan triptofan yang membuat otot lebih rileks. Makanlah pisang berukuran sedang satu atau dua jam sebelum tidur untuk membuat tidur lebih nyenyak.

  • Oatmeal

Oatmeal terbuat dari ramuan Avena sativa. Avena dikenal dalam pengobatan herbal tradisional sebagai tanaman menenangkan yang bergizi untuk sistem saraf  yang lelah. Oatmeal mengandung melatonin dan karbohidrat kompleks yang dapat membantu lebih banyak triptofan masuk ke otak untuk membantu Anda tidur. Oatmeal  juga mengandung vitamin B6, vitamin yang merupakan nutrisi yang membantu otak memproduksi lebih banyak serotonin yang berfungsi untuk membuat mood lebih stabil dan tidur lebih lelap.. Kandungan mineral yang tinggi dalam oatmeal dipercaya dapat membantu merelaksasi otot-otot dan membuat tidur lebih nyenyak.

  • Teh hijau

Teh hijau mengandung asam amino yang membantu Anda untuk tidur nyenyak (theanine). Teh hijau tanpa kafein sebelum tidur dapat membuat Anda lebih cepat terlelap.

Itulah beberapa makanan yang bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak. Cobalah konsumsi makanan tersebut secara teratur saat Anda mengalami susah tidur ketika malam hari. Tidur yang baik akan berpengaruh pada kualitas hidup yang lebih baik.

Sumber gambar : herbal-obat.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY