Makanan yang Memperparah Insomnia

SehatFresh.com – Tidur merupakan sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia. Kebutuhan ini berfungsi untuk membuat badan lebih segar ketika bangun di pagi hari. Normalnya, manusia membutuhkan waktu tidur selama tujuh sampai delapan jam per hari. Pola tidur yang teratur dan cukup dapat mejaga kesehatan Anda. Sebaliknya, pola tidur yang tidak teratur atau bahkan kurang, akan menimbulkan banyak penyakit. Namun, sayangnya sulit tidur atau yang biasa disebut insomnia telah menjadi salah satu keluhan yang banyak di derita oleh banyak orang.

Insomnia sendiri sebenarnya bukanlah sebuah penyakit. Insomnia adalah sebuah sebuah gejala yang didasari oleh beberapa faktor. Seperti stres, depresi, penggunaan narkoba, gangguan fisik dan gangguan emosional. Faktor-faktor ini sebenarnya sedikit bisa diatasi agar insomnia yang Anda derita tidak semakin parah.

Ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita insomnia. Makanan-makanan ini akan membuat insomnia Anda semakin parah. Berikut makanan yang memperparah insomnia:

  • Kopi

Kopi adalah minuman yang harus di jauhi bagi penderita insomnia terlebih konsumsi kopi pada malam hari. Kopi mengandung kafein yang akan menghilangkan ngantuk. Jika ingin mengonsumsi kopi sebaiknya di siang hari saja.

  • Makanan pedas

Ketika malam hari hindari makan makanan pedas, sebab makanan pedas akan membuat rasa kantuk Anda hilang. Makanan pedas juga bisa menyebabkan diare dan membuat Anda harus bolak balik ke toilet dan membuat Anda semakin sulit untuk tidur.

  • Teh hitam

Teh hitam juga memiliki efek seperti makanan pedas, yakni menghilangkan ngantuk. Bagi penderita insomnia ada baiknya jika Anda tidak mengonsumsi teh ini, karena akan memperburuk kondisi Anda.

  • Coklat hitam

Coklat jenis ini adalah coklat yang mengandung kafein. Maka sama saja seperti kopi, Anda yang menderita insomnia harus mengurangi konsumsi coklat hitam ini.

  • Minuman berenergi

Segala macam minuman berenergi tinggi akan kandungan kefein dan gula. Kombinasi kedua kandungan ini dapat membuat berat badan Anda semakin naik dan juga stres semakin bertambah. Ini termasuk minuman kopi yang kaya akan kafeinnya. Jadi ada baiknya jika Anda mengurangi konsumsi kafein.

Sumber gambar : blog.tokopedia.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY