Makanan yang Mencegah Keriput

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bertambahnya usia akan membuat kulit menjadi lebih tipis, lebih kering, dan penurunan kelenturan dan kelembaban. Hal tersebut menyebabkan munculnya garis-garis halus, tekstur kulit menjadi tidak halus dan munculnya keriput pada kulit. Keriput dapat membuat penampilan Anda menjadi kurang menarik. Berbagai macam cara dapat dilakukan untuk mencegah keriput, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang dibutuhkan oleh kulit, makanan-makanan yang dapt menegah Anda dari keriput:

  • Minyak zaitun. Minyak ini dapat membantu memberikan kelembapan pada kulit, kaya vitamin C, D, E, antioksidan dan juga zat besi yang berguna untuk meregenerasi kulit.
  • Sayuran berwarna hijau. Makanan seperti bayam dan kailan mengandung phytonutrients, yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh untuk membuat kulit terlihat bening dan bercahaya. Sejumlah pakar kulit dan kesehatan percaya bahwa sayuran hijau bisa membantu melancarkan peredaran haemoglobin di sel darah merah. Serta kandungan klorofilnya punya kemampuan melawan bakteri penyebab bau badan dan napas tak sedap.
  • Lemon. Buah ini terbukti mampu mengurangi kerutan dan garis-garis halus di wajah yang merupakan tanda awal dari keriput.
  • Alpukat. Kandungan lemak dalam alpukat juga dapat digunakan untuk mencegah keriput. Lemak dalam alpukat berfungsi untuk melindungi kelembapan alami kulit. Selain itu lemak juga mengandung beberapa vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan kulit.
  • Blueberry. Antioksidan yang terkandung dalam blueberry mampu mencegah kerusakan sel jangka panjang, melawan radikal bebas serta melindungi diri dari kerusakan kulit.
  • Jeruk. Kandungan air yang dimiliki jeruk cukup tinggi yang mampu menjaga kulit agar tidak terdehidrasi dan juga menjaga kelembapan kulit. Jeruk juga merupakan sumber vitamin C yang berfungsi membantu memproduksi kolagen yang dapat memberikan elastisitas pada kulit.
  • Pepaya. Buah ini dapat mengurangi penuaan, jus pepaya segar juga sangat bermanfaat untuk mengurangi jerawat dan kerutan di wajah.
  • Teh tanpa gula. Khususnya teh hijau yang mengandung Polyphenol, senyawa yang membantu menghilangkan peradangan dan kerusakan sel kulit akibat radikal bebas. Polyphenol juga bisa melindungi sel yang sehat dari ancaman kanker. Selain itu, mengonsumsi teh hijau secara rutin tiap hari bisa mencegah penyakit kulit psoriasis, mempercepat penyembuhan luka dan memerlambat tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus.
  • Kacang almond dan kacang mete. Kacang almond dan kacang mete memiliki kandungan lemak sehat yang dapat membantu menyehatkan kulit serta melindungi dari kerusakan kulit.
  • Daun bawang, kulit mentimun, dan strawberi. Semua makanan ini kaya akan silika. Silika atau dikenal dengan silikon dioksida (SiO2) adalah mineral penting untuk kesehatan kulit, berfungsi memperkuat jaringan sel, tendon, tulang rawan, otot, rambut dan kuku. Semakin meningkat kadar silika, maka elastisitas pada kulit pun akan bertambah.
  • Sayuran berwarna orange. Sayuran ini contohnya seperti labu, wortel, paprika orange. Sayuran berwarna orange kaya akan bioflavanoids dan antioksidan alami yang sangat bagus untuk kesehatan kulit.
  • Kacang polong. Kacang merah, kacang hijau, kedelai, buncis atau kacang panjang kaya akan serat dan memiliki indeks glikemik rendah. Polong-polongan tidak akan membuat gula darah Anda naik-turun secara drastis. Polong juga anti radang dan bisa mencegah kulit kusam, kering, kendur serta berkerut.
  • Ikan salmon.┬áIkan salmon memiliki kandungan omega-3 yang cukup tinggi. Omega-3 ini berfungsi sebagai pelumas alami kulit yang berguna untuk menjaga kelembapan kulit. Mengkonsumsi ikan salmon 2-3 kali perminggu dapat membantu menjaga kulit gar tetap halus, lembut dan sehat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY