Makanan yang Mengandung Lemak Trans

www.sehatfresh.com

Sehatfresh.com – Makanan adalah salah satu hal terpenting dan harus ada dalam keseharian kita. Karena dengan makanan seseorang dapat mengumpulkan energi untuk melakukan segala aktivitas harian yang begitu padat, yang tentunya juga membutuhkan banyak energi.

Begitu pentingnya makanan bagi kehidupan adalah salah satu alasan kenapa kita harus mengonsumsi makanan yang baik (sehat) dan tidak berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Namun, di zaman yang modern ini, dimana kita sangat mudah untuk mendapatkan makanan, seringkali kita tidak memperhatikan apakah makanan yang kita konsumsi sudah sehat atau belum.

Salah satu indikator makanan yang tidak sehat atau buruk bagi kesehatan kita adalah makanan dengan kandungan lemak trans. Lemak trans merupakan jenis lemak berbahaya yang terkandung dalam suatu jenis makanan tertentu. Lemak trans juga merupakan salah satu unsur lemak yang paling cepat mengotori darah. Selain itu, menurut studi dari American Heart Association (AHA) menyatakan bahwa lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL), menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dan meningkatkan risiko penyakit jantung serta meningkatkan risiko stroke.

Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika kita dapat mengurangi atau menghindari kandungan lemak trans dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Sehingga tubuh tetap sehat. Berikut beberapa makanan yang mengandung lemak trans yang dapat anda hindari :

  1. French fries dan fast food

Dua makanan primadona ini ternyata juga mengandung lemak trans. Karena cara masak makanan ini yang menggunakan minyak yang telah terhidrogenasi.

  1. Makanan yang dipanggang

Makanan yang dimasak dengan cara dipanggang juga memiliki kandungan lemak trans. Terlebih lagi jika setelah dibakar diawetkan dengan cara dibekukan maka akan bertambah buruk bagi tubuh anda.

  1. Biskuit

Cemilan satu ini, yang sering dimakan sebagai teman minum kopi atau teh juga memiliki lemak trans didalamnya. Namun, jangan khawatir karena tidak semua biskuit mengandung lemak trans. Anda masih bisa mengonsumsi biskuit dimana anda yang membuat sendiri. Karena kebanyakan biskuit dengan lemak trans adalah biskuit-biskuit buatan pabrik atau yang melalui proses pemanggangan terlalu lama.

  1. Popcorn

Ketika anda pergi ke bioskop pasti tak ketinggalan membeli popcorn. Tak disangka popcorn yang nikmat ini mengandung lemak trans. Lemak trans digunakan agar popcorn tahan lebih lama.

  1. Gorengan

Tentu saja makanan yang satu ini mengandung lemak trans karena proses masaknya menggunakan minyak.

  1. Es Cream

Bagi para penggemar es cream, ada baiknya kurangi konsumsi es cream anda karena lemak trans juga terkandung dalam es cream.

  1. Cream kopi

Seperti halnya es cream, karena pembuatan krim membutuhkan lemak trans, maka cream kopi juga mengandung lemak trans.

Itulah tujuh makanan yang mengandung lemak trans. Untuk menghindari makanan yang mengandung lemak trans dapat anda lakukan dengan menjauhi makanan olahan dan margarin. Sebaiknya belajarlah untuk memahami label kemasan pada makanan yang anda beli. Cara yang satu ini cukup membantu anda untuk menjauhi makanan dengan lemak trans. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here