Makanan yang Menyebabkan Buang Angin Berlebih

wordpress.com

SehatFresh.com – Buang angin sebenarnya hal yang wajar, tapi terkadang kita mengalami buang angin yang berlebihan. Seperti halnya makan dan buang air, buang angin juga harus dilakukan, karena jika tidak, justru akan berakibat fatal. Namun, akan memalukan bukan, jika kita buang angin di depan banyak orang? Apalagi ketika buang angin menimbulkan bau yang tidak sedap.

Sebenarnya buang angin memang wajar, tapi ada yang perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa makanan yang menyebabkan buang angin berlebih. Berikut daftar makanan yang dapat menyebabkan kentut berlebihan.

  • Bawang putih yang menjadi salah satu bumbu yang paling wajib di dapur, bisa membuat Anda buang angin berlebih jika menggunakannya terlalu banyak. Pemakaian berlebih juga bisa menyebabkan perut tidak nyaman dan berujung pada seringnya buang angin.
  • Jagung. Memakan jagung rebus atau jagung bakar akan sangat nikmat bila dikonsumsi dengan keadaan yang masih hangat, akan tetapi jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan bisa memicu timbulnya gas dalam saluran pencernaan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan gula dan tepung di dalam jagung.
  • Brokoli. Mengonsumsi brokoli secara berlebihan juga menjadi pemicu seringnya buang angin, ini di sebabkan karena kurang maksimalnya saluran pencernaan menguraikan enzim di dalam brokoli.
  • Kubis. Kandungan karbohidrat yang begitu kompleks di dalam brokoli bisa menyebabkan Anda sering buang angin, apalagi jika Anda suka mengkonsumsi kubis dalam keadaan mentah.
  • Taoge mengandung vitamin A dan C, Folid Acid, serat, serta karbohidrat kompleks. Adanya karbohidrat membuat tubuh kembung dan terbentuk gas yang akhirnya menjadikan Anda sering buang angin.
  • Bit sendiri merupakan salah satu makanan sehat, tapi buah bit akan menjadi pemicu sering buang angin jika Anda memiliki perut yang sensitif.

Itu tadi beberapa makanan yang dapat membuat Anda buang angin secara berlebihan. Sebenarnya makanan di atas adalah makanan yang sehat dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tapi ada baiknya jika mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang wajar, agar tidak menimbulkan efek yang dapat membuat Anda buang angin secara berlebihan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY