Makanan yang Menyebabkan Infeksi Usus

SehatFresh.com – Infeksi usus merupakan salah satu penyakit yang bisa menjadi serius jika tidak ditangani dengan benar. Selain itu, parahnya penyakit ini juga bergantung pada mikroorganisme apa yang menjadi penyebabnya.

Ada beberapa gelaja umum yang biasanya dialami oleh seseorang yang mengidap infeksi usus, yaitu seorang akan mengalami demam dengan suhu panas yang meningkat dan semakin tinggi. Gejala ini akan terjadi pada minggu kedua dan baru akan turun perlahan-lahan pada minggu keempat. Lalu penderita infeksi usus juga mengalami penurunan nafsu makan dan badan teraasa lemas serta berat badan menurun drastis. Selain itu, penderita juga akan mengalami diare yang disertai muntah-muntah. Sering kali mereka juga mengalami sakit kepala hebat, menggigil, serta batuk dan radang. Lalu, akan timbul bercak-bercak berwarna merah pada daerah dada dan perut.

Ketika infeksi menjadi lebih parah, maka seseorang akan merasakan nyeri atau sakit di daerah perut. Tingkat keparahan rasa sakit ini tergantung pada lokasi dan penyebab infeksi usus. Kram perut juga merupakan salah satu gelaja yang timbul jika infeksi sudah semakin parah. Bakteri penyebab infeksi biasanya akan menyebabkan kram di perut. Kram akan sering berlangsung selama tiga sampai empat menit pada suatu waktu, dapat menjadi semakin parah dan semakin sering.

Infeksi usus ini juga bisa terjadi akibat makanan yang Anda konsumsi. Salah satunya ialah makanan yang telah terkontaminasi oleh bakteri salmonella.  Bakteri ini biasanya muncul di tempat yang kebersihannya kurang terjaga. Misalnya, makanan yang kemasan tempat penyimpanannya kotor juga dapat meningkatkan jumlah bakteri salmonella yang ada dalam makanan Anda.

Biasanya bakteri tersebut bisa masuk melalui makanan atau minuman yang sudah terinfeksi bakteri salmonella. Dalam usus halus itulah bakteri tersebut berkembang dan menuju ke dalam darah. Hal ini menyebabkan suhu panas tubuh yang tinggi dan perlu Anda ketahui bahwa penyakit infeksi usus ini bisa menular dengan cepat.

Ada makanan makanan yang dapat memperburuk kondisi infeksi yang dialami seseorang. Makanan-makanan yang dapat memperburuk konsidi infeksi usus ialah makanan yang banyak mengandung gas, memiliki rasa asam yang cukup kuat, dan mekanan pedas.

Sumber gambar : bisnis.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY