Makanan yang Menyebabkan Keputihan dan Cara Mengatasinya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Keputihan adalah suatu reaksi karena rongga wanita sedang membersihkan diri. Banyak wanita cenderung menganggap enteng keputihan. Padahal, keputihan bisa menjadi tanda awal adanya suatu penyakit berbahaya seperti kanker rahim. Namun, tidak wanita semua yang mengalami keputihan mengidap penyakit berbahaya. Ada beberapa ciri untuk mengetahui keputihan yang normal yaitu apabila keputihan berbentuk lender dan berwarna bening atau putih, jika tersiram air akan mudah hilang.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya keputihan, salah satunya adalah makanan. Berikut di bawah adalah beberapa makanan yang bisa menimbulkan keputihan pada wanita:

  • Tape singkong. Anda pasti sudah mengetahui jika untuk membuat tape, diperlukan ragi untuk melakukan proses fermentasi. Ragi tersebut ternyata dapat meningkatkan lender yang merupakan penyebab dari keputihan.
  • Timun. Pasti rasanya segar sekali mengonsumsi timun karena timun mengandung banyak kandungan air yang menyegarkan, namun timun juga bisa menyebabkan keputihan bahkan merupakan salah satu jenis makanan yang paling dikenal menyebabkan keputihan. Hal tersebut dikarenakan timun mengandung suatu senyawa yang menyebabkan produksi hormon estrogen meningkat. Dengan meningkatnya hormon estrogen maka lender yang menyebabkan keputihan akan meningkat.
  • Makanan berbahan dasar tepung. Anda harus menghindari konsumsi tepung yang mengandung karbohidrat yang mana di dalamnya terdapat kadar gula yang tinggi. Kadar gula yang berlebih di dalam tubuh bisa menyebabkan pertumbuhan jamur bernama Candida Albicans yang merupakan penyebab keputihan.
  • Nanas. Nanas merupakan buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil muda. Selain itu kandungan nanas juga menyebabkan meningkatnya lendir penyebab keputihan pada wanita.
  • Anggur. Walaupun buah- buahan baik bagi kesehatan Anda, namun jika dikonsumsi secara berlebihan, anggur akan membuat keputihan Anda semakin parah.

Jika makanan tersebut di atas adalah makanan yang menyebabkan terjadinya keputihan, maka sebaliknya makanan- makanan di bawah ini adalah makanan sehat yang baik dikonsumsi untuk mengatasi keputihan:

  • Sayuran hijau. Sayuran hijau memang dikenal baik bagi kesehatan tubuh kita sebagai antioksidan yang mencegah berbagai penyakit. Namun ternyata sayuran hijau juga memiliki khasiat untuk mengatasi gejala keputihan yang disebabkan oleh jamur. Sayuran hijau yang direkomendasikan untuk mengatasi keputihan adalah kembang kol, bawang Bombay dan lain sebagainya.
  • Air putih. Hendaknya Anda minum air putih secara teratur setiap hari, karena dengan minum cukup air putih maka dapat membuang racun dalam tubuh Anda dan membantu tubuh mengatasi keputihan.
  • Yoghurt. Dengan mengonsumsi yogurt, maka akan membantu tubuh untuk mengontrol pertumbuhan jamur yang menyebabkan keputihan.

Demikian tadi adalah makanan- makanan yang bisa menyebabkan keputihan serta makanan sehat yang harus Anda konsumsi untuk mengatasi masalah keputihan Anda. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here