Makanan yang Tepat Sebelum dan Sesudah Olahraga

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seperti yang diketahui jika olahraga mampu memberikan efek positif bagi tubuh seseorang. Berolahraga mampu membuat otot tubuh bergerak, sehingga sirkulasi darah menjadi lancar. Memenuhi asupan nutrisi bagi tubuh ketika berolahraga, juga harus dilakukan seseorang.

Hal tersebut untuk memastikan agar tubuh mendapatkan tenaga yang cukup. Lantas makanan apa yang tepat dikonsumsi sebelum dan sesudah berolahraga? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini contoh makanan yang layak dikonsumsi sebelum dan sesudah olahraga.

Makanan sebelum berolahraga

Seseorang sebelum berolahraga perlu mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat guna mengisi simpanan glikogen di otot. Selain itu bisa juga menikmati makanan yang kaya protein sebelum berolahraga, namun dalam porsi kecil atau sedang. Selain karbohidrat, protein juga dapat membangun serta memperbaiki jaringan pada otot seseorang.

Mengkonsumsi protein yang cukup sebelum berolahraga mampu membantu dalam mengurangi rasa sakit pada otot. Seseorang juga perlu memilih makanan yang rendah lemak agar mempermudah dalam mencerna nutrisinya. Menu makanan dan minuman yang cocok dikonsumsi sebelum berolahraga antara lain:

  1. Satu jam sebelum berolahraga, seseorang bisa mengkonsumsi roti gandum. Agar lebih menarik bisa juga dibubuhi selai kacang dan madu. Makanan tersebut diimbangi dengan minuman sarapan instan.
  2. Seseorang juga bisa mengkonsumsi smoothie buah dan yoghurt, kemudian dilengkapi sereal atau oatmeal yang rendah lemak.
  3. Menu lainnya sebagai alternatif adalah oatmeal dengan gula merah dan almond, dilengkapi dengan susu skim dan pisang.
  4. Kemudian bisa juga keju cottage yang rendah lemak, selai apel, cracker, dan anggur.
  5. Menu yang juga bsa dicoba adalah hamburger dengan ham rendah lemak dilengkapi selada, tomat, salad dan yoghurt.
  6. Boleh juga mencoba sandwich ayam ditambah keju, buah, serta protein shake.
  7. Menu terakhir yang bisa dicoba adalah sandwich tuna, buah, serta yoghurt yang bebas lemak.
  8. Selain susu, minuman yang bisa dikonsumsi adalah air mineral biasa.

Makanan setelah berolahraga

Mengkonsumsi makanan setelah berolahraga memiliki target untuk pemulihan tubuh. Target lainnya adalah mengembalikan cairan dan elektrolit tubuh yang hilang karena berkeringat selama berolahraga. Setelah berolahraga, seseorang perlu mengkonsumsi protein yang cepat serap guna membantu dalam perbaikan jaringan otot.

Seseorang bisa memakan camilan ringan setelah 15 menit berolahraga, kemudian makan besar setelah 1 jam berolahraga. Sementara itu minuman yang bisa dimanfaatkan seperti sport drink yang mengandung karbohidrat dan elektrolit. Tujuannya guna menggantikan cairan tubuh yang hilang karena berkeringat selama berolahraga. Menu makan besar yang dapat dikonsumsi setelah berolahraga antara lain:

  1. Sandwich roti gandum yang berisi sayuran dan ayam ditambah susu yang rendah lemak.
  2. Nasi beras merah yang dipadukan dengan kacang-kacangan (buncis), keju, serta alpukat.

Steak daging sapi yang bebas lemak dikombinasikan dengan paprika, brokoli, wortel, hingga nasi beras merah. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY