Mana yang Lebih Baik Antara Olahraga atau Sarapan Dulu?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pernahkah anda merasa bingung saat hendak berolahraga di pagi hari baiknya sarapan dulu atau berolahraga dulu baru sarapan? Jika iya maka anda tidak sendirian, karena banyak yang masih bingung perihal mana dulu yang harus dilakukan makan atau berolahraga dulu.

Hal yang membuat bingung karena jika tidak makan dulu bagaimana bisa berolahraga dan sebaliknya jika berolahraga dulu baru makan nanti usaha berolahraga untuk salah satu kiat menurunkan badan jadi tidak berguna. Lalu benarkah pernyataan itu dan apa dulu yang harus dilakukan?

Membahas mana dulu yang lebih baik sarapan atau olahraga sebenarnya ada plus dan minusnya. Pertama, jika sarapan dulu sebelum olahraga justru dapat menaikkan berat badan seseorang. Hal itu dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 27 pria usia muda dengan perlakuan kelompok satu tidak melakukan olahraga sama sekali, kelompok kedua sarapan dahulu sebelum olahraga dan ketiga makan setelah melakukan olahraga atau melakukan olahraga dulu baru makan. Hasilnya justru yang mengalami kenaikan berat badan adalah yang tidak olahraga sama sekali dan yang sarapan dahulu sebelum olahraga. Dan pastinya yang berolahraga dulu baru makan justru menunjukkan tidak mengalami kenaikan berat badan, jika naik maka kemungkinannya rendah.

Fakta kedua yaitu jika tidak sarapan dulu lalu saat olahraga tidak akan terjadi pembakaran kalori yang sempurna. Pernyataan ini juga benar, saat berolahraga tubuh juga membutuhkan kalori untuk melakukan pembakar lemak dan juga energi sehingga tidak merasa lemas dan sakit perut saat berolahraga.

Tenang-tenang meski membingunkan, berikut ada jawabannya. Jawabannya yaitu anda hanya perlu paham kunci dari dua aktivitas ini. Prinsipnya, tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan dan memprosesnya menjadi energi yang dapat Anda pakai untuk beraktivitas dan olahraga. Waktu yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan tergantung dengan jumlah serta jenis makanan yang dikonsumsi. Makanan yang tinggi lemak, protein, dan serat, membutuhkan waktu cerna lebih lama, begitu juga jumlah makanan yang banyak. Jadi anda harus dapat menentukan makanan dan waktu yang tepat.

Untuk makanan yang rendah lemak serta kalori atau makanan berat anda bisa mengonsumsinya sekitar 3 hingga 4 jam sebelum olahraga, seperti roti gandum dengan telur atau sereal dengan susu. Sedangkan makanan ringan atau bagi yang tidak suka makanan berat maka konsumsi makanan 1 hingga 2 jam sebelum olahraga, seperti buah dengan yogurt rendah lemak, jus buah, atau sereal. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here