Mana yang Lebih Sehat Antara Kacang Panggang atau Kacang Mentah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kacang merupakan olahan makanan yang bisa dijadikan camilan sehat. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi kacang-kacangan mempunyai manfaat bagi kesehatan. Namun diantara kacang panggang dan kacang mentah, manakah yang paling sehat untuk dijadikan camilan?

Bagaimana jika dilihat dari komposisi nutrisi?

Rupanya 100 gram kacang tanah mentah memiliki kandungan sekitar 500 sampai 600 kalori. Di satu sisi kacang panggang memiliki kadar kalori dan lemak yang lebih tinggi ketimbang kacang mentah. Hal tersebut karena pada kacang panggang sudah melalui proses pemasakan dengan minyak dan mungkin juga ada tambahan sedikit garam. Selain itu beberapa kandungan vitamin dan antioksidan yang terdapat pada kacang juga diduga hilang ketika dipanggang.

Bagaimana jika dilihat dari rasa?

Tidak dipungkiri jika kacang mentah bisa juga dijadikan camilan. Hanya saja kebanyakan orang justru lebih menggemari kacang panggang karena memiliki rasa yang lebih renyah dan gurih. Dengan rasa kacang mentah yang sangat sederhana membuat banyak orang kerap merasa bosan ketika menikmatinya.

Bagaimana jika dilihat dari kandungan bakteri?

Rupanya kacang mentah dianggap mempunyai bakteri yang cukup berbahaya seperti E. Coli dan Salmonella. Bila tanah yang ditumbuhi kacang sudah terkontaminasi bakteri, maka kacang yang tumbuh juga berpotensi terkontaminasi oleh bakteri tersebut. Selain itu air yang terkontamisasi bakteri ketika panen atau setelah panen, juga dapat meningkatkan risiko kacang mentah terserang bakteri.

Pada sebuah studi melaporkan jika hampir 1% sampel dari berbagai kacang memiliki kandungan Salmonella. Kondisinya dengan tingkat kontaminasi paling tinggi terdapat pada kacang macadamia, sedangkan yang terendah pada hazelnut. Namun karena jumlah Salmonella yang terdekteksi masih tergolong rendah, sehingga mungkin tidak terlalu mengakibatkan penyakit bagi orang yang memiliki kondisi fisik sehat.

Di satu sisi pada kacang panggang tidak mudah terkontaminasi bakteri karena proses pemanggangan yang telah dilewati. Sebenarnya jumlah kontaminasi pada kacang mentah bisa diminimalisir, jika proses pembersihannya benar dan tepat.

Lantas apa kesimpulannya?

Bisa disimpulkan jika kacang mentah dan kacang panggang memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan yang berbeda-beda. Kacang mentah sebenarnya cukup sehat, namun memiliki resiko terkontaminasi bakteri yang juga cukup tinggi. Hanya saja kontaminasi bakteri pada kacang mentah bisa diminimalisir jika dalam proses pembersihannya dilakukan secara tepat dan benar.

Di sisi lain kacang panggang lebih terbebas dari kontaminasi bakteri, tapi mungkin memiliki kandungan lebih sedikit vitamin dan antioksidan. Kemudian kandungan lemak sehat juga berpotensi rusak karena melewati proses oksidasi saat dipanggang.

Cara mensiasatinya adalah dengan mengatur suhu dan lamanya waktu memanggang, termasuk jenis kacang yang akan dikonsumsi. Secara umum bila kacang dipanggang dalam suhu yang rendah hingga sedang, maka kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya tidak akan mengalami kekurangan yang signifikan. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here