Manfaat Agar-agar untuk Kesehatan Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Agar-agar merupakan jenis makanan yeng memiliki rasa manis dan biasanya banyak varian rasanya. Makanan jenis ini merupakan makanan ringan yang mungkin dapat dikatakan sebagai makanan pencuci mulut. Rasanya yang manis dengan berbagai jenis rasa membuat agar-agar sebagai jenis makanan yang cukup diminati. Tidak hanya memiliki rasa yang enak, agar-agar juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi agar-agar, antara lain :

  1. Mencegah penuaan dini

Agar-agar mengandung asam amino dan kolagen yang baik bagi kesehatan kulit anda. Selain itu kandungan kolagen dapat mencegah terjadinya kerutan halus di wajah sehingga dapat mencegah terjadinya penuaan dini.

  1. Melangsingkan tubuh

Apabila anda mengkonsumsi agar-agar dalam waktu 12 minggu dan diimbangi dengan die rendah lemak dapat membantu menurunkan berat badan dan indeks masa tubuh pada seseorang yang mengalami obesitas. Menurut sebuah penelitian menjelaskan bahwa agar-agar membuat seseorang yang mengkonsumsinya merasa kenyang.

  1. Diabetes

Berdasarkan hasil penelitian yang sama dengan kasus obesitas yaitu mengkonsumsi agar-agar dalam waktu 12 minggu yang di dukung oleh diet rendah lemak dapat memperbaiki parameter metabolik yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah dan menurunkan kadar kolesterol.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan seperti gel di dalam agar-agar mampu merangsang usus menjadi lebih aktif sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan. Hasil penelitian menyatakan bahwa agar-agar dapat dijadikan sebagai obat pencahar untuk mengobati sembelit.

  1. Penutup luka

Agar-agar dapat membantu menyerap cairan yang berfungsi untuk mempercepat pembekuan darah pada luka, sehingga agar-agar dapat digunakan sebagai penutup luka agar luka cepat kering.

  1. Mengurangi stres

Agar-agar memiliki kandungan asam amino esensial yang berguna untuk menurunkan tingkat stres. Menurut penelitian mengkonsumsi agar-agar secara rutin dalam batas yang normal dapat mengurangi tingkat depresi pada manusia.

  1. Mencegah radang sendi

Rasa sakit pad sendi yang disebabkan oleh peradangan dapat diatasi dengan mengkonsumsi agar-agar karena mengandung kolagen yang dianggap sebagai pelumas pada sendi.

  1. Sebagai anti kanker

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health di Amerika menyatakan bahwa wanita jepang lebih beresiko kecil mengalami kanker payudara dibandingkan dengan wanita Amerika. Hal ini dikarenakan wanita Jepang secara rutin mengkonsumsi rumput laut atau agar-agar dalam jumlah yang normal.

  1. Mencegah penyakit jantung

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pakar di Jepang menyatakan bahwa ekstra rumput laut atau agar-agar dapat menurunkan tekanan darah bagi seseorang yang memiliki penyakit hipertensi. Selain itu agar-agar juga dapat menyerap kandungan garam yang berlebih di dalam tubuh, sehingga baik bagi mereka yang mengidap penyakit stroke. Selain itu agar-agar dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

  1. Mencegah osteoporosis

Agar-agar memiliki kandungan kalsium 10 kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan segelas susu. Kalsium berfungsi untuk kesehatan tulang. Sehingga jenis makanan ini dapat dijadikan sebagai makanan yang dapat mencegah terjadnya osteoporosis. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here