Manfaat Air Cucian Beras untuk Kecantikan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jangan pernah menganggap sepele air cucian beras. Faktanya terdapat satu manfaat dari air cucian beras, yakni dapat membantu manjaga kecantikan wajah. Lantas bagaimana cara mencuci muka yang benar dengan air cucian beras?

Air cucian beras bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit wajah

Guna mendapatkan kulit wajah cerah dan bening, seringkali wanita memanfaatkan berbagai produk pemutih dengan harga mahal. Padahal cara sederhana bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan bening, bahkan tidak membutuhkan uang yang banyak.

Siapa sangka jika mencuci muka dengan bekas air cucian beras secara teratur mampu mencegah masalah yang muncul pada kulit. Secara perlahan-lahan kulit wajah akan menjadi lebih cerah, flek hitam pun akan semakin memudar.

Seperti yang diketahui jika beras memiliki kandungan zat yang bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit. Salah satu kandungan pada beras yang berguna untuk kecantikan kulit adalah oryzanol. Kandungan itu mempunyai kemampuan guna menangkal paparan sinar ultaviolet ke dalam kulit.

Tentu saja senyawa tersebut sangat baik untuk kesehatan kulit, terutama pada wajah. Pasalnya paparan sinar ultaviolet yang langsung dapat mengakibatkan rusaknya sel-sel pada kulit, sehingga menyebabkan penuaan dini.

Air bekas cucian beras bisa dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan karena juga memiliki kandungan vitamin, mineral, serta antioksidan yang dapat menyehatkan kulit. Selain itu juga masih terdapat banyak kandungan lainnya yang sangat baik bagi menjaga kesehatan kulit.

Cara mencuci muka dengan air cucian beras

Mencuci wajah dengan bekas cucian air beras cukup mudah. Seseorang bisa memanfaatkan bekas air cucian beras ketika hendak memasak. Namun pastikan beras benar-benar tersaring, sehingga yang tersisa hanya air bekas cucian beras. Pastikan pula bahwa air yang digunakan untuk mencuci beras adalah air bersih.

Air yang telah disaring lantas dimasukkan ke dalam wadah. Kemudian air tersebut digunakan untuk mencuci wajah. Apabila ingin menyimpan di dalam kulkas, maka air cucian beras perlu ditempatkan dalam wadah tertutup. Air bekas cucian beras kurang lebih bisa bertahan di dalam kulkas hingga tiga hari.

Cara lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan memasukkan beras ke dalam kain katun atau kain lain yang tak gampang robek. Kemudian tumbuk beras pelan-pelan hingga hancur, namun jangan sampai kain menjadi robek hancur.

Beras di dalam kain yang telah hancur, lantas di masukkan ke dalam air hangat guna diusap-usapkan ke wajah. Usap buntalan beras yang sudah hancur di dalam kain tersebut, dengan merata ke wajah. Tujuannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah diusap, bilas wajah dengan air dan bersihkan dengan handuk. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here