Manfaat Air Cucian Beras untuk Wajah dan Kulit

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Makanan pokok orang Indonesia yaitu nasi yang terbuat dari beras. Beras tidak hanya dijadikan sebagai makanan pokok yang wajib di konsumsi setiap hari. Tahukah anda bahwa ternyata air cucian beras juga memiliki manfaat bagi kesehatan wajah dan kulit. Berikut ini beberapa manfaai yang di peroleh dari air beras untuk wajah dan kulit:

  1. Memudarkan flek hitam

Apabila anda memiliki masalah noda atau flek hitam pada wajah tak perlu menggunakan krim untuk memudarkannya, karena tidak semua orang cocok dengan penggunaan kosmetik. Air beras memiliki kandungan nutrisi penting dan protein yang dapat menghilangkan flek hitam di wajah. Selain itu air beras dapat berperan untuk meningkatkan produksi kolagen. Anda dapat mencampurkannya dengan air kunyit sehingga flek hitam akan memudar secara perlahan.

  1. Mengobati jerawat dan menghilangkan bekas jerawat

Air cucian beras dapat anda gunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Selain itu air beras dapat mengencangkan pori-pori sehingga meminimalisir munculnya jerawat.

  1. Mengobati iritasi pada kulit

Air beras berfungsi untuk menenangkan peradangan dan kemerahan pada wajah sehingga dapat mengatasi kulit yang mengalami iritasi. Hal ini didukung oleh hasil penelitian dermatologi yang menyatakan bahwa seseorang yang mengalami dermatitis atopic dapat di atasi dan disembuhkan dengan menggunakan air cucian beras selama 15 menit digunakan dua kali dalam sehari.

  1. Mengatasi komedo

Komedo biasanya muncul pada kulit yang berpori besar dan kulit yang berminyak. Air cucian beras dapat mengurangi malash komedi. Cara pemakaiannya yaitu air cucian beras di pisahkan dari beras kemudian panaskan, setelah mendidih diamkan hingga rebusan air beras tersebut hingga suam-suam kuku, kemudian oleskan pada wajah diamkan hingga kering setelah itu gosok secara perlahan menggunakan handuk atau kain. Selain alami cara ini juga memiliki harga yang ekonomis.

  1. Mengangkat kotoran dan sel kulit mati

Air beras dapat membuat wajah dan kulit menjadi lebih cerah dan bersih karena air beras dapat mengangkat kotoran yang menempel di wajah. Selain itu juga air beras dapat mengangkat sel kulit mati.

  1. Mengencangkan kulit

Selain digunakan sebagai kecantikan wajah air beras dapat mengencangkan kulit apabila anda mengalami penurunan berat badan. Tentunya hal ini berita baik bagi anda yang sedang menjalankan diet.

  1. Meredam efek buruk sinar matahari

Sinar ultraviolet yang di paparkan oleh cahaya matahari memiliki efek buruk bagi kesehatan kulit. Air cucian beras dapat digunakan untuk membantu meredam efek buruk sinar matahari yang membuat kulit menjadi gelap dan terbakar akibat paparan sinar ultra violet, karena air beras mengandung antioksida yang baik untuk mengatasi dampak buruk polusi dan sinar matahari.

  1. Mengontrol minyak berlebih pada wajah

Bagi anda yang memiliki wajah berminyak yang berlebihan penggunaan air beras dapat dijadikan bahan alami untuk mengatasi masalah tersebut.

Penggunaan air beras untuk dijadikan bahan tradisional kecantikan dapat digunakan sebagai lulur tubuh dan juga masker wajah yang dapat menutrisi dan menyegarkan kulit dan wajah. Sehingga anda dapat memiliki kulit tubuh dan wajah yang lebih sehat, cerah dan putih alami. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here