Manfaat Air Mineral dalam Berpuasa

SehatFresh.com – Selain sebagai ladang pahala, puasa di bulan Ramadhan dapat dijadikan momen untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Puasa telah dianggap sebagai metode detoks alami yang lebih ampuh ketimbang diet tertentu. Sayangnya, kebutuhan cairan seringkali tak terpenuhi ketika puasa. Padahal, kecukupan cairan perlu dijaga agar metabolisme tubuh tetap baik dan terhindar dari dehidrasi. Air merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi kehidupan. Dibandingkan dengan air putih biasa, air mineral ternyata memiliki kandungan berbagai mineral yang memberikan manfaat baik kesehatan.

Air mineral memiliki kandungan mineral yang sifatnya lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan kandungan mineral dari makanan. Meskipun diperlukan dalam jumlah sedikit, mineral berperan penting dalam menunjang pertumbuhan optimal dan menjaga kesehatan organ tubuh, terutama ketika mineral tersebut tidak dapat secara alami diproduksi oleh tubuh. Bahkan, air mineral juga diklaim menyediakan nutrisi yang sama dengan suplemen vitamin. Ini karena air mineral umumnya mengandung magnesium, kalium, kalsium, klorida, bikarbonat, sulfat, silika dan zinc. Dilihat dari semua itu, air mineral berkontribusi dalam menjaga kesehatan orang yang sedang berpuasa dan memaksimalkan manfaat dari puasa itu sendiri.

  • Membantu pencernaan

Air mineral memiliki kandungan sulfat yang membantu mempromosikan pencernaan. Sulfat bekerja dengan merangsang pankreas untuk melepaskan enzim seperti amilase, protease dan lipase yang membantu sistem pencernaan mengurai makanan dengan baik. Tingkat sulfat yang rendah pun telah dikaitkan dengan masalah pencernaan, seperti perut kembung, sembelit dan diare.

  • Menjaga keseimbangan elektrolit

Elektrolit (bikarbonat, klorida, kalium dan natrium) berperan dalam membantu sel-sel tubuh menyerap air sehingga hidrasi tubuh terjaga dengan baik. Karena memiliki kandungan mineral yang menjadi sumber elektrolit, minum air mineral dapat membantu mengisi kembali elektrolit yang hilang setelah puasa seharian.

  • Meningkatkan kualitas darah

Air yang diminum setiap hari berkontribusi terhadap pembaharuan darah yang terjadi setiap 15 hari. Oleh karena itu, jika Anda minum air yang kualitasnya lebih baik, Anda akan memiliki darah dengan sifat yang lebih baik. Karena menawarkan berbagai manfaat berkat kandungan yang dimilikinya, air mineral termasuk ke dalam air yang berkualitas tinggi, sehingga akan sangat bermanfaat untuk proses regenerasi darah dalam tubuh.

  • Baik untuk tulang

Air mineral mengandung kalsium. Mineral ini berperan penting dalam mempertahankan kepadatan tulang yang normal dan mencegah perkembangan penyakit tulang seperti osteoporosis. Bagi orang yang tidak toleran terhadap laktosa dalam susu, minum air mineral berkontribusi menyediakan asupan kalsium yang diperlukan tubuh.

  • Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi bisa disebabkan oleh stres atau penyempitan arteri. Selain itu, tekanan darah tinggi juga dapat terjadi ketika kadar kalium, magnesium atau kalsium menjadi rendah. Ini karena ketiga mineral tersebut memainkan peran penting dalam menjaga kestabilan tekanan darah. Dengan demikian, kandungan kalium, magnesium, dan kalsium dalam air mineral menyumbang asupan yang baik untuk mencegah tekanan darah tinggi.

  • Menjaga fungsi otot

Magnesium dalam air mineral juga berperan penting dalam menjaga fungsi otot. Mineral ini memungkinkan otot untuk rileks dan berkontraksi dengan benar. Itulah sebabnya mengapa kekurangan magnesium seringkali ditandai dengan nyeri dan kram otot.

  • Meningkatkan kesehatan kulit

Puasa bermanfaat untuk menyehatkan kulit, dan air mineral dapat memaksimalkan manfaat ini. Air mineral dapat membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan kulit karena mengandung silika. Silika berperan penting dalam menjaga kekuatan sel-sel spons yang ditemukan antara serat elastin dan kolagen serta memperlambat munculnya keriput.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY