Manfaat Ampas Kopi Bagi Kesehatan

www.SehatFresh.com

SehatFresh.com – Kopi bisa dikatakan sebagai minuman yang paling banyak digemari orang-orang. Tidak hanya sebagai penghilang kantuk, kopi memiliki banyak manfaat kesehatan. Minum kopi secara moderat diketahui dapat mempercepat metabolisme, meningkatkan memori, mencegah depresi, menurunkan risiko kanker tertentu dan manfaat lainnya. Tidak hanya itu saja, ternyata ampas kopi juga menawarkan sejumlah manfaat potensial untuk kesehatan dan kecantikan.

Bagi sebagian besar orang, ampas kopi mungkin tidak berguna dan dibuang begitu saja. Namun tahukah Anda bahwa ampas kopi ternyata juga memiliki manfaat. Ampas kopi masih mengandung kadar kafein sehingga masih memberikan manfaat bagi kesehatan terutama kesehatan kulit. Apa saja manfaat ampas kopi itu?

  • Mengangkat sel kulit mati. Perawatan kulit dengan ampas kopi yang rutin akan membuat kulit menjadi lebih bersih dan halus. Tekstur ampas kopi yang berupa butiran-butiran dapat dijadikan bahan scrub yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Bahkan, ampas kopi juga menghasilkan minyak antioksidan yang dapat membuat kulit lebih halus.
  • Mengurangi jerawat. Bagi yang memiliki masalah dengan jerawat, ampas kopi dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah ini. Caranya, ambil ampas kopi dan dicampurkan dengan sedikit baby oil atau minyak zaitun. Ampas kopi tersebut kemudian dioleskan ke wajah sebagai masker. Masker ampas kopi ini juga dapat membantu mencerahkan wajah sehingga dapat membantu menyamarkan noda bekas jerawat.
  • Mengurangi bau badan. Ganti produk lulur Anda dengan bahan alami seperti ampas kopi. Mengapa? Selain untuk wajah, memanfaatkan ampas kopi sebagai lulur dapat membantu mengurangi bau badan. Selain itu, kafein juga dapat membantu mengatasi minyak berlebih pada kulit.
  • Mengurangi selulit. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa ampas kopi juga bisa membantu mangatasi selulit. Selulit atau lipatan lemak pada kulit jelas akan sangat mengganggu penampilan. Kafein adalah lipophilic, yang berarti mudah larut dalam lemak. Lipophilic akan sangat mudah diserap oleh kulit karena bahan ini memiliki komposisi lemaknya sendiri. Terkait selulit, kafein memiliki kemampuan menghancurkan lemak. Gosokkan ampas kopi ke area selulit sambil dipijat memutar. Bila dilakukan secara teratur, perlahan selulit akan tersamarkan sehingga tampilan kulit menjadi lebih baik.
  • Mengatasi tangan kasar. Sering menggunakan sabun cuci piring atau deterjen membuat tangan menjadi kasar. Ampas kopi dapat dimanfaatkan untuk mengatasi hal ini. Caranya, rajinlah gosokkan ampas kopi pada tangan selama satu menit, kemudian bilas dengan air.
  • Mengurangi risiko kanker kulit. Kopi ternyata dapat mengurangi risiko kanker kulit. Kafein pada kopi terbukti mampu menghambat enzim atau protein yang dapat menyebabkan kanker kulit dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV yang memicu kanker kulit. Studi yang dilakukan oleh peneliti dari Rutgers University, New Jersey, Amerika Serikat, telah membuktikannya. Untuk memperoleh manfaat luar biasa ini, Anda bisa memanfaatkan bubuk kopi atau ampas kopi sebagai bagian dari perawatan kulit Anda.
  • Merangsang pertumbuhan rambut. Selain memberikan manfaat luar biasa untuk kulit, ampas kopi juga dapat dijadikan bahan untuk perawatan rambut. Mengoleskan ampas kopi secara merata pada rambut sambil memberi pijatan ringan sebelum keramas dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut. Rambut rontok telah menjadi masalah rambut yang umum baik itu bagi pria maupun wanita. Umumnya, panjang dan kualitas rambut tergantung pada kesehatan folikel rambut. Ampas kopi membantu mempercepat pertumbuhan rambut dengan merangsang folikel rambut. Dalam hal ini, ampas kopi membantu dalam memperbaiki struktur dan pertumbuhan sehingga pertumbuhan rambut menjadi lebih lebat dan lebih cepat. Menggunakan masker rambut yang terbuat dari ampas kopi juga dapat membuat rambut menjadi lebih berkilau.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY