Manfaat Anak Bermain Di Ruang Terbuka

SehatFresh.com – Anak-anak zaman sekarang cenderung menghabiskan waktu mereka di dalam ruangan, bermain game di tablet atau menonton televisi. American Academy of Pediatrics (AAP) mengatakan banyak bermain di luar ruangan dan berinteraksi dengan alam sangat penting untuk kesehatan anak-anak. Bahkan, suatu penelitian yang dipublikasikan pada Juni 2015 dalam “Proceedings of the National Academy of Sciences”, menyebutkan bahwa anak-anak yang lebih banyak belajar dan bermain di ruang hijau seperti bawah pohon, semak dan rumput, memiliki perkembangan otak yang lebih baik ketimbang anak-anak di sekolah lebih banyak menghabiskan waktunya di sedikit ruang hijau.

Kasus obesitas di kalangan anak-anak semakin meningkat. Ini tentunya sangat memprihatinkan. Salah satu cara untuk memerangi obesitas adalah membiarkan anak-anak banyak bermain di luar ruangan. Bermain di luar memberikan anak-anak kesempatan untuk berlari, melompat, memanjat, berenang, menari dan banyak lagi, sebagai latihan aerobik dan latihan kekuatan. U.S. Department of Health & Human Services merekomendasikan anak-anak melakukan kegiatan aktif semacam itu secara moderat setidaknya satu jam per hari. Aktivitas fisik di luar ruangan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kadar vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang.

Mungkin sulit untuk menerima bahwa anak-anak bisa mengalami stres atau menderita kondisi seperti depresi atau kecemasan, tetapi masalah seperti ini telah menjadi lebih umum untuk anak-anak di era modern, di mana mereka memiliki jadwal sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler yang lebih padat ketimbang anak-anak dahulu. Aktivitas fisik dalam bentuk bermain di luar dapat membantu anak-anak mengurangi stres tersebut. Interaksi dengan alam dapat membantu mengurangi tingkat stres dan berdampak positif pada kesehatan mentalnya.

Tidak hanya itu, manfaat neurologis dengan membiarkan anak bermain di luar jauh melampaui kesehatan mental. Mendorong anak-anak banyak bermain di luar dapat memberikan stimulasi intelektual juga. AAP mengatakan bermain di luar telah terbukti membantu anak-anak lebih fokus di ruang kelas dan meningkatkan kesiapan untuk belajar. Bermain di luar juga mendorong kemampuan belajar dan memecahkan masalah, yang dapat membantu anak-anak tampil lebih baik di dalam kelas, serta meningkatkan kreativitas yang dapat diterapkan dalam pembelajaran akademis mereka.

Ketika anak-anak bermain dengan anak-anak lain di luar ruangan, itu mendorong perkembangan sosial mereka. Bermain memberikan anak-anak kesempatan untuk belajar bagaimana bekerja sama dalam kelompok termasuk belajar bagaimana cara berbagi, bagaimana bernegosiasi dan cara mengatasi konflik. Anak-anak akan bereksplorasi melalui bermain sehingga mereka belajar keterampilan baru, yang juga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Semua manfaat tersebut dapat membantu anak-anak belajar bagaimana mengembangkan hubungan yang sehat dan belajar bagaiamana menjadi seorang pemimpin.

Sumber gambar : gerbangmadani.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY