Manfaat Asi Bagi Tumbuh Kembang Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com –¬†Air Susu Ibu (ASI) sejak dulu dipercaya dan telah terbukti memiliki manfaat untuk tumbuh kembang dan kesehatan sang buah hati. Baik anak di bawah usia lima tahun, ASI adalah makanan terbaik yang harus dikonsumsi. Biasanya batas usia menyusui seorang anak adalah ketika anak berusia dua tahun.

Dari usia 0 hingga 6 bulan, anak dianjurkan hanya mengonsumsi ASI eksklusif dari ibunya. Manfaat ASI bagi anak usia 0 hingga 6 bulan telah mampu memenuhi kebutuhan nurtrisi yang dibutuhkan oleh anak. Di usia ini, anak tidak dianjurkan mengonsumsi apapu selain ASI. Kesiapan seorang ibu untuk memberikan ASI ekslusif sangat dibutuhkan. Berikut manfaat ASI untuk tumbuh kembang anak:

  • Mencerdaskan otak

ASI mengandung asam amino dan asam lemak yang sangat berguna untuk mencerdaskan otak anak. Nutrisi yang terkandung dalam ASI juga lebih mudah diserap oleh tubuh anak.

  • Menjaga kekebalan tubuh

ASI memiliki kandungan yang berguna sebagai antibody bagi tubuh anak. ASI mengandung vitamin D yang dapat menangkal radikal bebas. Selain itu, antibody yang dikandung oleh ASI dapat menghindarkan anak dari virus dan bakteri yang dapat menurunkn kekebalan tubuhnya.

  • Membantu perkembangan motorik

Anak yang diberi ASI ekslkusif akan memiliki berat badan yang sesuai dengan keadaan seharusnya. Berat badan bayi juga akan sesuai dengan grafik KMS. Hal ini berpengaruh dengan lemak dan nutrisi yang dikandung oleh ASI itu sendiri.

  • Membatu memperlancar pencernaan

Bedarsarkan penelitian, bayi yang mengonsumsi ASI memiliki pencernaan yang leih lancar. Hal ini dikarenakan, jenis glukosa yang dikandung oleh ASI adalah jenis laktosa. Jenis ini lebih mudah dicerna dan berubah menjadi galaktosa.

  • Mengandung vitamin D

ASI mengandung vitamin D yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Selain itu, kandungan laktosa pada ASI juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kandungan kalsium yang juga berperan dalam pertumbuhan tulang dan gigi.

  • Menjaga hubungan ibu dan anak

Ibu yang memberikan ASI ekslusif akan memiliki hubungan yang lebih erat dengan anaknya, dibandingkan dengan anak yang diber susu formula.

  • Menjaga kesehatan mata anak

Kandunganprotein dalam ASI juga dapat membatu menyehatkan dan menjaga kesehatan mata anak.(IKS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY