Manfaat ASI Eksklusif dalam Mencegah Obesitas pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – ASI eksklusif sangat baik untuk perkembangan, kesehatan dan pencegahan obesitas pada bayi. Pemberian ASI eksklusif juga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh bayi. Kebutuhan gizi juga dapat membuat bayi tidak mengalami obesitas.

Apa Saja Manfaat ASI Eksklusif untuk Mencegah Obesitas pada Anak?

  • ASI dapat Mencegah Adanya Asupan yang tidak Dibutuhkan oleh Bayi

Bayi yang sudah diberi makanan tambahan sebelum usia enam bulan akan mengolah protein dan karbohidrat lebih besar  dibandingkan dengan bayi yang hanya mendapatkan ASI eksklusif. Pengolahan asupan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh bayi dapat menjadi pemicu berat meningkat sehingga terjadi obesitas.

  • Mencegah Terjadinya Penimbunan Lemak pada Bayi

Tubuh bayi membutuhkan adanya cadangan makanan yang secukupnya saja sesuai dengan kebutuhan sehingga apabila terjadi penimbunan lemak, maka bayi dapat mengalami obesitas. Apabila ibu memberikan ASI eksklusif maka sel lemak membuat tubuh bayi tetap mengalami sekresi hormon insulin dan hormon pencernaan yang lebih sempurna.

  • Adanya Keseimbangan Kebutuhan Energi pada Bayi

ASI mengandung hormon dan komponen biologis lainnya yang mengatur asupan makanan dan karbohidrat yang dibutuhkan, dan akan membantu menjaga keseimbangan kebutuhan energi bayi hingga dewasa. Maka dengan tidak memberikan asupan yang tidak dibutuhkan, ini akan membantu fungsi ASI dalam membentuk keseimbangan kebutuhan energi bayi agar terhindar dari obesitas di masa mendatang.

  • ASI dapat Melindungi Bayi dari Berbagai Penyakit

ASI banyak mengandung antibodi yang dapat melindungi bayi dari berbagai penyakit yang biasa dialami bayi seperti diare dan pneumoni. Bayi yang minum ASI eksklusif juga akan terhindar dari gastroenteritis, infeksi telinga, penyakit pernapasan, dan meningitis. Bayi juga akan terhindar dari penyakit diabetes, kolesterol tinggi, hipertensi, dan yang lainnya.

  • ASI Dapat Melindungi Bayi dari Alergi

Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif akan lebih cenderung terhindar dari penyakit seperti alergi. Sebaliknya dibandingkan dengan bayi yang terbiasa dibiarkan mengonsumsi susu formula akan lebih cenderung mengalami alergi.

  • Meningkatkan Kepandaian dan Daya Tangkap Anak

Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif biasanya akan cenderung mendapatkan skor IQ lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan ASI. Bayi yang mendapatkan ASI juga akan memiliki kognitif, kemampuan bahasa, dan kecerdasan mental yang lebih baik.

  • Bayi yang Mendapat ASI Biasanya Lebih Normal Pertumbuhan Tubuhnya

Dibandingkan dengan bayi yang mengonsumsi susu formula, bayi yang mendapatkan ASI eksklusif biasanya akan lebih mengalami pertumbuhan secara normal dan dan tidak banyak mengalami gangguan fisik termasuk badan kurus atau pun obesitas.

Demikian informasi mengenai mengenai manfaat ASI eksklusif dan pencegahan obesitas. Semoga bermanfaat bagi Pembaca. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here