Manfaat ASI Kolostrum Bagi Bayi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Premilk atau yang umumnya dikenal dengan kolostrum adalah cairan ASI yang keluar saat periode akhir kehamilan atau setelah ibu melahirkan anaknya 3 sampai 4 hari. Kolostrum memiliki ciri khas yaitu abu-abu dengan sedikit kekuningan.

Kolostrum memiliki jumlah yang sangat sedikit karena hanya keluar beberapa hari saja setelah melahirkan. Meski jumlahnya sedikit, kolostrum memiliki kandungan gizi yang baik seperti karbohidrat, protein, antibodi, dan juga sedikit lemak.

Dengan kandungan yang baik pada kolostrum, membuatnya memiliki banyak sekali manfaat untuk bayi anda. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa manfaat kolostrum yang bisa didapatkan oleh bayi anda:

  1. Sebagai proteksi bayi anda

Kolostrum memili kandungan suatu bahan berupa imunitas sehingga bayi yang minum kolostrum di hari awal-awal kelahirannya maka akan memiliki proteksi dan terhindar dari infeksi bakteri dan virus.

  1. Menghambat mikroorganisme masuk usus

Mikroorganisme jahat yang masuk dalam usus tentu akan membuat pencernaan sang bayi tidak aman. Namun, tenang saja karena kolostrum yang dikonsumsi oleh bayi mengandung antibodi dan imunoglobin untuk menghambat mikroorganisme tersebut masuk ke dalam usus sehingga tidak menginfeksi.

  1. Membuat bayi kenyang

Saat hari-hari pertama kelahiran bayi, biasanya ibu belum bisa mengeluarkan ASI yang banyak dan hanya kolostrum yang keluar. Namun anda tidak usah khawatir karena kolostrum dapat membuat bayi anda tetap kenyang. Kolostrum memiliki nutrisi yang mirip dengan nutrisi yang bayi konsumsi saat di dalam rahim.

  1. Membersihkan mekonium

Mekonium adalah feses yang dihasilkan bayi selama di dalam rahim. Kolostrum mengandung sedikit efek pencahar yang berfungsi menyiapkan dan membersihan sistem pencernaan bayi dari mekonium.

  1. Membuat bayi terhindar dari penyakit kuning

Penyakit kuning terjadi karena darah bayi mengandung birilubin yang melebihi batas normalnya. Sehingga kulit dan mata bayi akan berubah warna menjadi kuning. Kolostrum bermanfaat untuk mengatasi penyakit kuning pada bayi karena kolostrum dapat mengurangi konsentrasi birulibun. Oleh karena itu bayi akan terhindar dari penyakit kuning.

  1. Melawan sel-sel kanker

Kolostrum juga mengandung zat yang bernama lactalbumin. Yaitu suatu zat yang bermanfaat untuk sel-sel kanker. Jadi bayi akan terhindar dari penyakit kanker.

Itulah beberapa manfaat dari kolostrum untuk bayi anda. Seringkali ibu membuang kolostrum karena tidak tahu bahwa kolostrum juga bagian dari ASI, ada yang menganggap kolostrum itu bukan ASI dan kotor jadi harus di buang. Sebaiknya anggapan tersebut dibuang karena begitu banyak manfaat kolostrum bagi anak anda jika diberikan kepadanya. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here