Manfaat Baik Berolahraga Ketika Berpuasa

SehatFresh.com – Ketika berpuasa, banyak orang yang cenderung membatasi aktifitas fisik termasuk olahraga. Puasa seharusnya tidak dijadikan halangan untuk berolahraga. Pasalnya, tetap berolahraga saat berpuasa justru memberikan berbagai manfaat baik bagi tubuh. Dengan berolahraga, cadangan energi atau lemak dalam tubuh diubah menjadi glukosa, yang pada akhirnya dapat mengusir rasa lemas, lesu, malas, dan kantuk. Namun, tentunya aktifitas olahraga harus disesuaikan intensitas dan durasinya ketika Anda sedang berpuasa.

Jenis olahraga yang dianjurkan saat berpuasa adalah olahraga dengan intensitas ringan seperti berjalan dan bersepeda serta tidak lupa untuk tetap melakukan pemanasan dan pendinginan guna menghindari terjadinya cedera otot. Bagi Anda yang suka berolahraga latihan beban sebaiknya dikurangi ketika Anda sedang berpuasa. Latihan beban akan sangat menyita energi dan membuat cairan di dalam tubuh cepat habis. Kadar gula glikogen akan semakin bertambah jika Anda melakukan olahraga yang berat, sehingga membuat tubuh menjadi lemas.

Waktu yang tepat untuk berolahraga ketika puasa adalah 1 jam menjelang buka puasa. Hal ini dimaksudkan agar cairan yang hilang saat berolahraga dapat segera tergantikan sehingga Anda pun terhindar dari risiko dehidrasi. Selain itu, olahraga pada saat menjelang buka puasa juga membantu mencegah penurunan kadar glukosa dalam darah secara berlebihan.

Olahraga dengan intensitas yang tepat akan membantu menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh selama berpuasa. Ketika tidak berpuasa, normalnya tubuh mendapatkan sumber energi dari pembakaran gula darah yang berasal dari karbohidrat yang ada di dalam otot dan hati, sementara pada saat puasa akan terjadi perubahan di mana tubuh akan merubah gula menjadi lemak dan menjadi sumber energi. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan nutrisi selama puasa terutama ketika Anda hendak berolahraga.

Setelah berolahraga, pastikan menu saat berbuka puasa dilengkapi dengan karbohidrat yang berfungsi mengembalikan energi tubuh dengan cepat, seperti roti gandum. Selain itu, lengkapi dengan protein yang bermanfaat untuk membantu pemulihan setelah berolahraga. Konsumsi cukup air di saat sahur dan buka puasa juga tidak kalah penting untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama beraktifitas sehari penuh.

Puasa bukanlah menjadi alasan untuk tidak beraktifitas. Olahraga merupakan salah satu hal yang tetap dianjurkan untuk dilakukan saat puasa. Tidak perlu takut akan mengalami kelelahan bila berolahraga saat puasa, karena tubuh tetap memiliki cadangan air dan lemak saat berpuasa. Asalkan pemilihan waktu dan jenis olahraganya benar, olahraga saat berpuasa tidak akan merugikan tapi justru membuat badan tetap bugar dalam menjalankan puasa.

Sumber gambar : www.drakemedia.net

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY