Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Siapa yang tidak tau bawang putih, salah satu bahan yang selalu ada di dapur ini memang telah dikenal semua orang. Tak hanya berguna untuk menambah nikmatnya sebuah masakan, tapi bawang putih juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Seperti yang telah kita ketahui, bawang putih berguna untuk menurunkan darah tinggi seseorang menjadi lebih normal. Selain itu, bawang putih juga bisa mencegah berkembangnya sel kanker. Namun ternyata, manfaat bawang putih tidak hanya terbatas untuk menurunkan darah tinggi, masih banyak manfaat lainnya yang haris Anda ketahui. Berikut beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan.

  • Menyembuhkan infeksi kulit. Bahan kimia ajoene yang terdapat di dalam satu siung bawang putih dapat membantu menyembuhkan infeksi kulit akibat jamur, seperti kurap, panu, dan jamur.
  • Menyembuhkan sakit gigi. Dengan membubuhkan bawang putih yang ditumbuk pada gigi yang sakit dapat membantu mengurangi rasa sakit karena kandungan antibakteri dan analgesic dari bawang putih. Namun, Anda harus ingat bahwa bawang putih dapat merusak gusi.
  • Efektif dalam mengatasi kutil dan bisul. Mengoleskan ekstrak bawang putih pada bisul dan kutil pada kaki atau tangan dapat membantu mengobatinya.
  • Menghilangkan noda bekas luka. Bawang putih juga memiliki manfaat memberikan sifat anti radang yang mampu membersihkan sisa luka pada kulit. Caranya yaitu oleskan bawang putih pada bagian noda luka tersebut.
  • Obat jerawat. Bawang putih bisa mengatasi masalah jerawat yang sering timbu. Caranya yaitu satu siung bawang putih yang dihaluskan lalu balurkan pada permukaan kulit yang terdapat jerawat, kemudian diamkan 10 menit atau gunakan sebelum tidur. Keesokan harinya, jerawat akan mengempes dan lebih kecil, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal.
  • Bawang putih dapat memangkas berat badan. Zat anti inflamasi yang terdapat pada bawang putih dapat membantu mengatur sel lemak yang terbentuk dalam tubuh. Obesitas atau berat badan terjadi ketika lemak terus terbentuk, tahapan ini mengubah Pre-adiposit menjadi sel-sel lemak (adipocytes) melalui proses yang kita namakan¬†sistem inflamasi. Vinyldithiin, zat yang terdapat pada¬†bawang putih dapat membantu menghambat terjadinya proses inflamasi ini yang tentu baik untuk mencegah berat badan .
  • Meningkatkan metabolisme zat besi. Ferroportin merupakan protein yang membantu penyerapan dan pelepasan zat besi. Diallylsulphides yang terkandung dalam bawang putih meningkatkan produksi ferroportin dan membantu meningkatkan metabolism zat besi.

Sayangnya aroma yang bawang putih jarang disukai orang. Selain itu, bawang putih biasanya hanya digunakan sebagai bumbu, sehingga hanya sedikit jumlahnya dikonsumsi oleh kita. Meskipun aromanya kurang sedap, tapi jangan sampai Anda tidak mengonsumsi bawang putih sama sekali, karena manfaat yang dimilikinya sangat banyak.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY