Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Jantung

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bawang putih terkenal untuk menambah rasa pada masakan. Tidak hanya menambah kelezatan makanan, bawang putih juga bermanfaat bagi kesehatan. Tak heran bila tanaman dari keluarga Allium atau bawang ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan medis.

Sejumlah studi mengaitkan konsumsi banyak bawang putih dengan penurunan tekanan darah, tingkat kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh serta memperbaiki sirkulasi darah dan menjauhkan risiko penyakit jantung.

Bawang putih sangat baik dikonsumsi karena mengandung senyawa anti kanker dan juga beberapa jenis antioksidan, seperti sulfida, quercetin, ajoene dan sulfida dialil. Mengkonsumsi bawang putih dianggap sebagai pencegahan penyakit jantung dan juga stroke yang bahkan dianggap sebagai makanan kesuburan pria karena bisa melancarkan peredaran darah menuju kelamin.

Salah satu manfaat bawang putih yang disebutkan adalah baik untuk kesehatan jantung. Dari suatu penelitian, ditemukan data bahwa pemberian suplemen yang mengandung ekstrak bawang putih berpotensi memberikan efek perlindungan untuk kesehatan jantung. Efek ini terlihat dari kemampuan bawang putih untuk menurunkan kolesterol dan efek pengencer darah yang dapat membantu melancarkan sirkulasi darah.

Sayur dan buah memang sama-sama mengandung senyawa phytochemicals untuk menjaga keseimbangan gula darah. Namun jahe, bawang putih dan bawang bombay memiliki senyawa phytochemicals lebih tinggi sehingga pasokan darah ke dalam organ-organ vital melalui aliran darah tidak terganggu.

“Itu sebabnya, sangat disarankan untuk mengonsumsi satu sendok teh jahe bubuk atau tiga sendok teh bawang putih bubuk di pagi hari,” jelas Johannes Hinrich von Borstel, penulis buku Heart: The Inside Story of Our Body’s Most Important Organ.

Von Brostel menambahkan bahwa bukan hanya bawang yang dapat menjaga kesehatan jantung, namun juga berhubungan intim dan cukup tidur. Keduanya sama-sama terbukti dapat menjaga kesehatan jantung. Berikut penjelasan lengkapnya.

Sama halnya seperti olahraga kardio, hubungan intim yang Anda lakukan dengan pasangan mampu merilis hormon yang melindungi sistem kardiovaskular dalam tubuh. Bagaimana dengan cukup tidur? Kurang tidur di malam hari sangat erat kaitannya dengan tekanan darah dalam tubuh. Saat seseorang tidak cukup tidur, tekanan dalam tubuh akan naik drastis sehingga mengakibatkan jantung berdetak tidak stabil.

Peneliti dari Universitas Warwick melaporkan bahwa 48 persen orang yang tidur kurang dari enam jam sehari berisiko terserang penyakit jantung dan stroke. Saat insomnia, senyawa adrenaline dalam tubuh seseorang akan meningkat. Hal tersebut menyebabkan stres sehingga jantung berdetak lebih cepat dari biasanya.

Bagaimana jika kurang tidur kemudian mengonsumsi bawang putih sebagai penawarnya? Meski belum dapat dibuktikan, para peneliti menyarankan agar cukup tidur di malam hari, minimal tujuh jam dan rutin mengonsumsi bawang putih, baik yang mentah dengan cara dimakan langsung atau yang bubuk dengan cara dicampurkan ke dalam segelas air. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here