Manfaat Bawang Putih untuk Mengatasi Rambut Rontok

wordpress.com

SehatFresh.com – Rambut rontok adalah satu di antara masalah yang dihadapi banyak orang saat ini. Rambut rontok sekitar 100 rambut per hari masih dikatakan normal. Namun bila pertumbuhan rambut tak sesuai dengan jumlah rambut yang rontok, risiko kebotakan menjadi sulit untuk dihindari. Bagi Anda yang bermasalah dengan rambut rontok, ternyata bawang putih dapat menjadi solusi alami untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

Bawang putih merupakan bahan makanan yang telah banyak diteliti karena memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Manfaat bawang putih untuk memerangi rambut rontok salah satunya terbukti dalam penelitian yang diterbitkan dalam “Indian Journal of Dermatology, Venerology and Leprology” ┬ápada tahun 2007. Studi ini menemukan bahwa penggunaan gel bawang putih secara topikal ke area rambut rontok secara signifikan dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan pertumbuhan rambut yang lebih lebat sehingga mengurangi tampilan area kulit kepala yang sebelumnya botak.

Bawang putih memiliki kandungan sulfur sangat tinggi yang bermanfaat untuk rambut. Sulfur merupakan bagian struktural dari banyak protein, termasuk keratin yang merupakan protein pembentuk rambut. Sulfur juga bermanfaat untuk kulit, kuku, dan saraf. Berkat kandungan sulfur ini, bawang putih dapat digunakan terapi untuk psoriasis dan eksim. Kedua kondisi tersebut dapat mengganggu kesehatan rambut.

Selain sulfur, bawang putih mengandung selenium yang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Selenium dalam bawang putih bekerja dengan vitamin E untuk meningkatkan kesehatan rambut. Selenium meningkatkan kemampuan tubuh untuk memanfaatkan vitamin E untuk menghancurkan radikal bebas sehingga mencegah terjadinya kerusakan pada sel. Orang-orang yang tidak memiliki kemampuan yang tepat untuk memanfaatkan vitamin E, atau yang kekurangan vitamin E, seringkali mengalami rambut rontok atau memiliki rambut kusam.

Bawang putih juga memliki kandungan vitamin C yang memegang peranan penting dalam menjaga dan mempertahankan kesehatan rambut. Vitamin C membantu menguatkan rambut sehingga membuat rambut tidak mudah patah. Bawang putih juga mengandung vitamin B-6 dan B-1. Kekurangan B-6 sering dikaitkan dengan gejala rambut rontok, karena vitamin ini berperan dalam merangsang pertumbuhan rambut. Vitamin B-1 membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh dalam mengatasi stres, sehingga membantu mencegah kerontokan rambut karena sakit atau gangguan emosional.

Tidak hanya sebatas itu saja, bawang putih juga mengandung mineral lainnya. Kalsium menyediakan komponen struktural pada rambut. Tembaga membantu dalam pertumbuhan rambut yang sehat. Zat besi membantu dalam pertumbuhan rambut serta perawatan rambut. Mangan membantu tubuh memanfaatkan nutrisi lain yang penting untuk kesehatan rambut.

Bawang putih juga memiliki putih senyawa antibakteri dan antijamur, yaitu allicin. Infeksi bakteri atau jamur pada kulit kepala merupakan salah satu penyebab rambut rontok. Dengan demikian, bawang putih dapat membantu mengurangi bakteri dan jamur pada kulit kepala. Bawang putih adalah herbal yang dapat mengurangi semua kotoran dan kuman dari kulit kepala dan rambut sehingga rambut tetap bersih.

Lantas, bagaimana memanfaatkan bawang putih untuk kesehatan rambut? Menambahkan bawang putih dalam menu makan sehari-hari membantu menyumbang asupan nutrisi yang dibutuhkan rambut. Untuk terapi rambut rontok, bawang putih dapat digunakan sebagai pengobatan topikal yang dioleskan ke kulit kepala.

  • Campurkan dengan sampo

Haluskan satu siung bawang putih lalu campurkan pada sampo yang Anda gunakan. Anda juga dapat membuat serum rambut dari bawang putih yang dihaluskan kemudian dicampur dengan madu dan sedikit jahe untuk menetralisir bau bawang putih yang menyengat.

  • Minyak bawang putih

Bawang putih yang telah dihaluskan dengan sedikit minyak kelapa. Oleskan minyak tersebut ke kulit kepala kemudian pijat perlahan dan tunggu selama satu jam.

  • Gosokkan pada rambut

Cara yang paling sederhan adalah dengan menggosokkan beberapa siung bawang putih ke daerah rambut yang rontok sebelum tidur.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY