Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Berenang merupakan aktivitas yang sangat baik bagi kesehatan. Berenang memberikan berbagai dampak yang baik bagi kesehatan remaja. Remaja sangat dianjurkan untuk berenang secara rutin agar pertumbuhannya lebih sempurna.

Ada Beberapa Manfaat Renang Bagi Kesehatan Remaja

  • Kesehatan Pernafasan

Olahraga renang dapat melatih pernafasan. Olah raga renang dapat menguatkan tubuh, terutama saat masih menyelam di waktu yang sangat lama. Sistem kerja pernafasan menjadi lebih panjang. Gerakan renang dapat menggerakkan otot anggota gerak tubuh sehingga dapat aliran darah ke jantung, pe memperlancar pembuluh darah dan paru-paru.

  • Menguatkan Otot dan Tulang

Anda dapat mengamati atlet renang yang memiliki kekuatan otot dan tulang. Otot akan terlihat lebih keras dan sangat ideal ketika memiliki hobi renang.

  • Meninggikan Badan

Renang dapat meninggikan badan. Saat berenang semua otot bergerak, terutama otot kaki sehingga sangat baik sebagai olahraga yang dapat membuat tinggi badan semakin naik.

  • Kesehatan Sehat Jantung

Berenang dapat dapat menyehatkan jantung dan meningkatkan pernafasan tubuh. Berenang merupakan jenis olahraga yang baik dan sehat bagi jantung.

  • Membentuk Tubuh Ideal

Berenang dapat membentuk tubuh menjadi lebih ideal terutama Bisep. Berenang akan menguatkan otot di bagian tangan dan kaki juga akan terbentuk secara alami.

  • Meredakan stres

Berenang akan membuat banyaknya gerakan air yang dapat meningkatkan hormon endorfin otak sehingga lebih tenang dan nyaman. Bersentuhan dengan air dapat mengakibatkan tubuh sejuk dan pikiran menjadi lebih rileks.

  • Kebugaran Tubuh

Berenang membantu pembentukan postur tubuh yang bugar sepanjang hari. Olahraga renang dapat dilakukan minimal selama 20 menit dengan irama dan teknik sama dengan kecepatan konstan sehingga meningkatkan kebugaran.

  • Meredakan Radang Sendi

Postur tubuh, khususnya daerah punggung bisa dilatih dengan dengan berenang. Latihan berenag dapat mengurangi cidera tulang belakang. Gerakan motorik saat renang konstan dapat memperkuat otot sehingga lebih kencang.

  • Penurunan Berat Badan

Berenang merupakan olahraga efektif yang dapat membakar kalori dan lemak tubuh, sehingga remaja diharapkan dapat rutin berenang agar terjadi penurunan berat badan secara signifikan. Banyak orang sudah membuktikan manfaat dari renang untuk menurunkan berat badan yang hasilnya sangat efektif.

  • Menghindarkan Risiko Diabetes

Berenang sangat efektif untuk menghindari penyakit diabetes, olahraga berenang sangat bak untuk program penuruanan dan pembakaran kalori, lemak, gula dalam darah sehingga terhindr dari penyakit diabetes.

  • Memperpanjang Usia

Berenang diklaim sebagai olahraga yang dapat memperpanjang usia seseorang karena dapat menyehatkan seluruh tubuh dengan gerakan-gerakan yang ada.

Demikian informasi mengenai manfaat berenang bagi kesehatan remaja. Semoga bermanfaat bagi Pembaca setia yang ingin membiasakan diri untuk renang. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here