Manfaat Berhubungan Seks Bagi Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hubungan seks tidak hanya menjadi aktivitas yang menyenangkan, tapi juga mengandung berbagai dampak positif lainnya. Bila dilakukan teratur, berhubungan seks memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi, sempatkan waktu Anda untuk rutin bercinta.

Apa saja sih manfaat seks bagi tubuh? Ini beberapa di antaranya:

  • Menyehatkan jantung

Menurut ahli, pria berisiko terkena serangan jantung saat bercinta adalah tidak benar. Profesor Peter Weisberg, Direktur Medis dari sebuah yayasan jantung di Inggris mengatakan, tidak ada bukti pria yang teratur berhubungan seks pada usia 40–50 tahun berisiko sakit jantung. “Seks adalah bentuk lain dari latihan fisik,” kata Dr. Graham Jackson, konsultan ahli jantung di Rumah Sakit Guy & St Thomas. Justru, sebuah studi di Queens University, Belfast menunjukkan, melakukan hubungan seks tiga kali dalam seminggu dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

  • Menajamkan otak

Pada Maret 2013, para ilmuwan di University of Pavia, Italia, menerbitkan penelitian yang mengatakan bahwa berhubungan badan secara teratur dapat meningkatkan pertumbuhan saraf kranial. Fungsi saraf kranial adalah mengatur semua fungsi organ tubuh, seperti kesadaran, kecepatan berpikir, konsentrasi hingga berkomunikasi. Pasangan yang rutin berhubungan badan akan lebih waspada dan berpikir lebih jernih.

  • Menangkal flu

Penelitian menunjukkan, bercinta dua kali dalam seminggu dapat meningkatkan imunoglobulin A. Ini adalah zat yang ditemukan dalam air liur dan lapisan hidung yang membantu sistem kekebalan tubuh melawan pilek dan flu.

  • Memperbaiki mood

Penelitian menunjukkan, berhubungan seks dengan orang yang kita cintai dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih naik. Menurut peneliti, bercinta dan orgasme merangsang produksi hormon endorfin yang bisa meningkatkan kesenangan. Tak hanya itu, ada hormon oksitosin yang membuat seseorang lebih murah hati pada pasangannya dan membuat tidur lebih tenang.

  • Meningkatkan intimasi

Peningkatkan kadar hormon oksitosin juga membantu manusia untuk meningkatkan rasa saling percaya dan kedekatan satu sama lain. Kadar oksitosin ini akan makin meningkat seiring tingginya frekuensi sentuhan. Kepuasan seksual juga kerap dihubungkan dengan stabilitas hubungan.

  • Meningkatkan kualitas tidur

Setelah orgasme, tubuh melepaskan hormon prolaktin yang berperan mendatangkan rasa rileks dan mengantuk. Itulah alasan seseorang lebih mudah mengantuk dan tidur setelah melakukan hubungan seksual. Istirahat yang cukup mendongkrak kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  • Meredakan stres

Rangsangan seksual melepaskan bahan kimia pada otak dan hormon yang membuat Anda merasa lebih nyaman. Penelitian mengungkapkan bahwa orang yang tidak melakukan hubungan seksual paling berisiko mengalami stres dibandingkan kelompok yang melakukan aktivitas seksual dengan atau tanpa penetrasi.

  • Terlihat awet muda

Psikolog Dr. David Weeks dari Royal Edinburgh Hospital, Inggris menguraikan hasil penelitiannya bahwa pria dan wanita yang memiliki kehidupan seksual yang aktif akan terlihat jauh lebih muda. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY