Manfaat Berkumur dengan Air Garam

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tentunya ada telah banyak mendengar bagaimana manfaat garam saat anda menggunakannya untuk berkumur. Namun banyak dari orang yang hingga saat ini tidak begitu memperdulikan dan tidak kunjung mencobanya. Padahal manfaat garam sangatlah banyak lho. Berikut beberapa manfaat yang akan anda dapatkan, diantaranya sebagai berikut :

  1. Membersihkan mulut

Pada saat dahulu air garam digunakan sebagai salah satu alternatif untuk membersihkan mulut karena air garam dapat membersihkan gigi tanpa membuat email gigi menjadi rusak.

  1. Menghilangkan bau mulut

Air garam memiliki kandungan iodium yang efektif untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut. Dalam dunia medis bau mulut disebut dengan halitosis.

  1. Memutihkan gigi

Apabila anda sering berkumur menggunakan air garam maka kebiasaan tersebut memiliki manfaat untuk memutih gigi secara alami karena air garam dapat mengurangi asam yang dapat mencegah gigi menjadi kuning akibat makanan atau minuman.

  1. Mengobati sakit gigi

berkumur menggunakan air garam bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi. Sakit gigi biasanya disebabkan oleh beberapa faktor penyebab yaitu gigi berlubang, infeksi dan lainnya.

  1. Menyembuhkan batuk

Apabila anda sedang batuk anda bisa menggunakan air garam sebagai obat tradisional batuk yang dilakukan dengan cara berkumur. Selain itu berkumur air garam dapat berperan sebagai antibiotik.

  1. Mengobati radang tenggorokan

Berkumur air garam dapat membantu meredakan radang tenggorokan yang biasanya ditandai dengan nyeri dan gatal di tenggorokan. Cairan ini dapat membantu mengurangi bakteri dan virus penyebab terjadinya radang tenggorokan.

  1. Obat sariawan

Sariawan merupakan jenis penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya. Apabila anda pada saat sariawan sering berkumur menggunakan air garam bermanfaat untuk meredakan sakit dan mempercepat proses penyembuhan dalam waktu yang singkat.

  1. Mengatasi gusi berdarah

Saat anda sering mengalami gusi berdarah anda harus mewaspadai hal tersebut karena kondisi ini bisa terjadi karena infeksi. Berkumur menggunakan air garam salah satu upaya untuk mengatasi gusi berdarah.

  1. Menguatkan gusi dan melindungi email gigi

Apabila anda ingin memiliki gusi yang kuat maka anda harus rajin berkumur menggunakan air garam. air garam memiliki kandungan natrium klorida, sedangkan 1,5% kandungan natrium klorida sudah bisa membunuh kuman, bakteri dan virus yang didapatkan dari sisa makanan. Selain itu air garam mengandung flour dan pospor yang berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi serta dapat melindungi email gigi. Air garam bisa membuat otot menjadi lentur dan mengurangi rasa sakit pada otot.

  1. Mencegah timbulnya rasa ngilu

Bagi anda yang sering merasakan ngilu akibat gigi sensitif, anda perlu mencoba berkumur menggunakan air garam. Air garam dapat membantu membersihkan gigi tanpa merusak email gigi.

  1. Meringankan masalah hidung

Berkumur menggunakan air garam dapat berpengaruh pada rongga hidung. Air garam dapat mengurasa lendir dan menghilangkan infeksi bakteri. Aiar garam bekerja pada hidung yaitu dengan cara masuknya cairan pada kapiler darah yang memungkinkan kapiler menjadi lebar sehingga lendir dapat terbuang dan mengalir keluar. Penyakit bronkitis dan infeksi sinus serta alergi dapat diatasi dengan berkumur air garam.

  1. Meringankan gingivitis

Berkumur air garam dapat mengatasi masalah gingivitis. Gingivitis merupakan suatu masalah pada gusi yang ditandai dengan pembengkakan, peradangan dan perdarahan yang disebabkan oleh bakteri. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here