Manfaat Berpelukan dengan Pasangan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pelukan merupakan salah satu bentuk kasih sayang yang diberikan seseorang kepada orang lain, terutama kepada pasangan yang dicintai. Pelukan akan memberikan kenyamanan, namun apakah anda tahu bahwa selain memberikan kenyamanan, berpelukan dengan pasangan memiliki manfaat positif? Berikut ini beberapa manfaat berpelukan dengan pasangan antara lain :

  1. Menenangkan

Pada saat suasana hati pasangan sedang dalam kondisi gelisah, sebaiknya anda memeluknya untuk memberikan ketenangan atas kegelisahannya. Hal ini dikarenakan berpelukan dapat merangsang hormon oksitosin yang berfungsi untuk mengurangi rasa cemas.

  1. Menjadi lebih dekat

Dalam ilmu kebidanan ada sebuah istilah IMD (inisiasi menyusui dini) dimana pada saat bayi baru lahir diletakan dalam pelukan ibu dan kepala dihadapkan pada salah satu sisi payudara agar bayi dapat mencari putting susu sendiri. Tujuan dilakukan IMD yaitu untuk memberikan bounding attechment (kedekatan) antara ibu dan bayi. Hal ini juga dapat dirasakan oleh setiap orang yang melakukan pelukaan. Berpelukan dengan pasangan dapat menjalin kedekatan anda dengan pasangan.

  1. Menjadi lebih terbuka

Berpelukan memiliki manfaat dimana anda akan lebih terbuka dengan pasangan. Sehingga bagi anda yang sulit mengungkapkan suatu hal anda dapat mengatasinya dengan cara ini karena berpelukan akan membuat anda lebih tenang dan nyaman yang mendorong anda bersikap terbuka.

  1. Mengurangi gejala flu

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Carnegie Mellon University menyatakan bahwa berpelukan dengan pasangan dapat mengurasi gejala flu. Berpelukan dapat merangsang hormon yang dapat mencegah stres dan meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Meningkatkan sistem imun

Menurut Castellanos menyatakan bahwa berpelukan dengan pasangan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena dapat menurunkan hormon kortisol. Hormon pemicu stres ini dapat mengganggu fungsi sistem imunitas apabila jumlah dalam tubuh terlalu banyak.

  1. Mengurangi stres dan membuat bahagia

Ketenangan yang dapat anda rasakan saat berpelukan dengan pasangan dapat mengurangi stres karena penurunan hormon kortison. Selain itu berpelukan dapat merangsang peningkatan hormon serotonin yang dapat memperbaiki suasana hati.

  1. Meningkatkan libido

Menurut dokter spesialis kandungan yang bernama Dr Renee Horowitz menyatakan bahwa pada saat anda berpelukan dengan pasangan tubuh akan melepaskan hormon dopamin yang merangsang peningkatan gairah seksual.

  1. Menurunkan hipertensi

Pada saat berpelukan atau ciuman dengan pasangan ada sebuah reseptor corpuscles pacinian pada kulit yang diaktifkan, reseptor tersebut akan mengirimkan sinyal ke otak untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Membakar kalori

Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa berpelukan dengan pasangan dapat menurunkan kalori sekitar 12 kalori. Hal ini dapat anda bayangkan jika anda sering berpelukan dengan pasangan dan diimbangi dengan olahraga serta asupan makanan yang terkontrol dapat mempercepat proses penurunan berat badan.

  1. Merelaksasikan otot

Berpelukan dapat mengurangi ketegangan di tubuh. Hal ini tentu akan meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi rasa sakit serta meningkatkan aliran darah di jaringan lunak. Sehingga berpelukan dapat membantu otor menjadi lebih rileks. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here