Manfaat Biji Mahoni untuk Penderita Diabetes

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit yang dialami tubuh manusia karena kelebihan kadar gula dalam darah. Kadar gula dalam darah yang meningkat ini disebabkan oleh tubuh yang tidak mampu menghasilkan insulin sehingga kadar gula terus meningkat. Insulin memang sangat diperlukan tubuh untuk mengatur kadar gula dalam darah.

Penyakit diabetes sangat berbahaya bagi penderitanya. Apabila seseorang mengidap diabetes dalam jangka panjang, bisa jadi akan timbul penyakit- penyakit lain sebagai komplikasi dari penyakit diabetes ini. Di antaranya adalah penyakit jantung, kerusakan sistem syaraf, kerusakan mata dan ginjal, infeksi kulit dan lain sebagainya.

Biji mahoni sebagai produk dari alam sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit diabetes. Tumbuhan yang popular sejak era 80 an ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dari sebuah penelitian yang dilakukan Laurentia Mihardja dari Center For Research and Development of Disease Control, HIHRD, ditemukan bahwa mahoni dapat menurunkan glukosa dalam darah.

Walaupun memiliki banyak manfaat, namun karena terlalu banyaknya pohon ini di tanah Jawa, maka pemanfaatannya masih kurang maksimal dan seringkali bijinya yang jatuh berserakan dianggap sampah. Padahal dengan sedikit mengolahnya bahkan tanpa mengolahnya pun, kita dapat memetik manfaat dari biji- biji tersebut.

Untuk mengonsumsi biji mahoni pun cukup mudah karena hanya dengan memakan biji tersebut tanpa diolah pun bisa. Anda hanya perlu mengupas kulit luarnya saja. Namun ingat, lakukan langkah termudah ini hanya jika Anda tahan pahit ya.

Cara yang kedua adalah dengan menyeduh bubuk biji mahoni yang telah ditumbuk halus. Anda hanya perlu menambahkan air panas dan segera meminum ramuan biji mahoni tersebut.

Di zaman modern ini, banyak produsen obat yang berusaha memudahkan kita untuk bisa mengonsumsi biji mahoni yaitu dalam bentuk kapsul, minyak, serbuk instan dan masih banyak lagi. Anda tinggal pilih sesuai selera Anda.

Selain mengobati diabetes, biji mahoni juga memiliki khasiat yang lain yaitu untuk mendapatkan jantung sehat, sebagai obat pelindung tubuh dari serangga, memperlancar buang air besar dan lain sebagainya.

Namun, segala sesuatu yang dikonsumsi terlalu banyak akan memberikan dampak yang tidak baik begitu pun dengan biji mahoni ini. Apabila terlalu banyak mengonsumsi biji mahoni, maka akan memicu kolestrol dalam cairan empedu. Hal itu menyebabkan munculnya batu empedu.

Demikian di atas adalah beberapa manfaat dari biji mahoni khususnya untuk mengobati diabetes. Namun sebaik- baiknya pengobatan, lebih baik lagi jika dilakukan pencegahan sebelum Anda terkena diabetes. Kurangi minuman dan makanan manis dan gantilah dengan makanan sehat seperti sayur dan buah. Rajinlah berolahraga dan terapkanlah gaya hidup sehat. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here