Manfaat Biotin dan Contoh Makanan yang Mengandung Biotin

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Biotin merupakan suatu jenis vitamin B-kompleks yang larut dalam air berfungsi untuk membantu tubuh dalam mencerna protein dan glukosa. Biotin dikenal sebagai vitamin B7 atau vitamin H. Biotin atau vitamin H dalam bahasa jerman di sebut Haar dan Haut. Vitamin tersebut dianggap untuk kesehatan rambut dan kulit. Tahukah kamu manfaat apa yang terdapat di dalam biotin dan jenis makanan seperti apa yang memiliki kandungan biotin tinggi? Berikut ulasan manfaatnya:

  1. Jantung

Biotin berfungsi untuk memastikan bahwa fungsi dari jantung dalam keadaan normal dan meminimalisir terjadinya beberapa masalah serius. hal ini dikarena biotin mampu mengurangi kadar kolesterol buruk di dalam tubuh.

  1. Mengontrol kadar gula

Biotin dapat berfungsi sebagai vitamin yang dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Bagi seseorang yang memiliki penyakit diabetes disarankan untuk memenuhi kebutuhan biotin setiap harinya. Apabila seorang penderita diabetes setiap hari mengkonsumsi 900 mcg biotin, dalam waktu sebulan kadar gula dalam darah anda akan menurun secara drastis. Hal ini tentunya di dukung oleh olahraga dan pola makan dengan mengurangi karbohidrat dan makanan manis.

  1. Pembentukan sel darah dan sumsum tulang

Regenerasi sel darah merah di dalam tubuh manusia terjadi secara rutin. Biotin dapat membantu proses pembentukan sel darah merah dan sumsum tulang belakang yang bertindak sebagai kofaktor. Untuk itu agar terhindar dari penyakit anemia maka anda harus mengoptimalkan asupan kebutuhan nutrisi berupa makanan yang memiliki kandungan biotin.

  1. Pembentukan energi

Biotin bermanfaat dalam sistem metabolisme tubuh. Biotin berperan untuk mencerna karbohidrat yang masuk kedalam tubuh dan di ubah menjadi glukosa sederhana. Hasil metabolisme tersebut gunakan sebagai bahan untuk produksi energi. Biasanya apabila seseorang kekurangan asupan biotin dalam tubuhnya maka orang tersebut akan merasa mudahl lelah dan mengantuk.

  1. Mencerahkan kulit

Biotin memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit karena vitamin ini membantu merevitalisasi hilangnya warna kulit akibat radikal bebas, polusi dan penyebab lainnya.

  1. Menguatkan rambut

Biotin bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Hal ini dikarenakan biotin berfungsi dalam proses metabolisme protein yang berkaitan dengan proses pertumbuhan rambut yang sehat. biotin dapat mencegah terjadinya kerontokan, rambut kering dan kusam, munculnya uban lebih awal. Sebagian besar produk kecantikan rambut memiliki kandungan biotin.

  1. Pertumbuhan kuku

Biotin dapat mencegah terjadinya bebeapa masalah pada kuku. Contohnya mencegah kuku rapuh dan mudah patah.

  1. Mengontrol berat badan

Biotin akan mengkonversi protein dan lemak dalam tubuh menjadi energi. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk mengontrol berat badan anda karena dapat meminimalisir penimbunan lemak dalam tubuh.

Contoh makanan yang mengandung biotin

Setelah mengetahui beberapa manfaat yang di miliki oleh biotin berikut ini beberapa contoh jenis makanan yang memiliki kandungan biotin tinggi, diantaranya yaitu :

  1. Beberapa jenis ikan seperti ikan tuna dan ikan salmon
  2. Buah-buah seperti alpukat, buncis dan pisang
  3. Sayuran contohnya kembang kol, wortel dan lain sebagainya
  4. Jamur
  5. Susu
  6. Jenis kacang-kacangan contohnya kacang tanah dan kacang kedelai
  7. Biji bunga matahari
  8. Telur
  9. Kalkun (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here