Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat hamil, seorang wanita dianjurkan untuk menghindari konsumsi asupan tertentu. Namun, di sisi lain, ada sejumlah makanan yang justru dianjurkan untuk dikonsumsi. Buah alpukat adalah contohnya.

Bukan tanpa alasan alpukat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. Ada banyak manfaat yang terkandung di dalamnya bagi ibu hamil. Apa saja manfaatnya?

  • Menurunkan risiko bayi cacat lahir

Asam folat pada alpukat sangat penting pada trisemester pertama kehamilan untuk membangun sistem saraf bayi, termasuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang sehingga bisa menurunkan risiko cacat lahir bagi si bayi.

  • Mencegah komplikasi

Pada masa kehamilan, kondisi seorang ibu mudah lelah. Asam folat yang terdapat pada alpukat dikenal juga dapat mencegah komplikasi, insomnia, dan preeklamsia. Preklamsia adalah tekanan darah tinggi pada ibu hamil dan penyebab kematian yang tinggi pada bayi.

  • Sumber kalsium

Manfaat kalsium bagi ibu hamil sebagai zat pembangun dan pembentukan tulang pada bayi.

  • Mengandung vitamin yang lengkap

Alpukat termasuk buah yang lengkap vitaminnya. Di dalamnya terdapat antara lain vitamin A, C, E, K, dan B kompleks.

  • Mencegah anemia

Seorang ibu hamil sering mengalami kekurangan zat besi (Fe) sehingga terjadi anemia. Alpukat sendiri kaya akan manfaat zat besi untuk ibu hamil sehingga memakan beberapa potong alpukat cukup dalam memenuhi kebutuhan ini.

  • Melancarkan pencernaan

Kadangkala, orang hamil akan mengalami permasalahan dalam hal percernaan. Lebih khusus, ibu hamil sering mengalami sembelit atau masalah perut lain karena kekurangan serat. Nah, kandungan serat pada alpukat sangat mencukupi untuk mengatasi permasalahan seperti itu dan melancarkan proses pencernaan di dalam usus.

  • Kaya mineral

Buah alpukat dikenal oleh kalangan medis mengandung fosfor, magnesium, dan niacin. Ketiganya merupakan mineral yang berfungsi untuk menjaga kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya.

  • Obat kram pada ibu hamil

Kaki kram pada ibu hamil adalah masalah umum yang dialami. Potasium pada alpukat dapat mengobati kram pada kaki seorang ibu hamil.

  • Meningkatkan penyerapan nutrisi

Selain memberikan banyak nutrisi, manfaat alpukat untuk ibu hamil akan membantu dalam penyerapan nutrisi. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi buah alpukat dapat meningkatkan penyerapan karotenoid dalam tubuh. Karotenoid sendiri diperoleh dari vitamin A yang ada di dalam alpukat.

  • Menurunkan kolesterol dan kadar gula darah

Alpukat yang dikonsumsi dapat menurunkan kolesterol dalam darah dan juga mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

  • Meningkatkan produksi hormon prolaktin

Vitamin E pada alpukat dapat menghasilkan hormon prolaktin. Bila seorang ibu hamil kekurangan hormon ini, maka akan menyebabkan pengaruh terhadap kondisi emosional. Vitamin E juga akan memberikan lingkungan yang nyaman untuk bayi. Selain itu, vitamin E dapat berperan sebagai antipenuaan. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here