Manfaat Buah Apel

0
109

SehatFresh.com – Apel adalah salah satu buah yang dikenal memiliki banyak nutrisi dan manfaat bagi kesehatan. Bahkan ada pepatah yang berbunyi “An apple a day, keeps the doctor away”. Banyaknya manfaat kesehatan yang terkandung dalam sebuah apel menjadikan apel disebut sebagai buah yang istimewa. Apakah Anda benar-benar tahu apa yang membuat apel begitu istimewa?

Apel mengandung banyak banyak nutirisi dan vitamin yang menawarkan khasiat yang dimiliki buah-buahan lain dan manfaatnya telah terbukti dari waktu ke waktu. Sebagai buah yang sehat, apel kaya akan kandungan gizi, namun yang paling dominan adalah vitaminnya. Ada banyak vitamin yang terdapat di buah apel, diantaranya adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9 dan vitamin C.

Studi terbaru menunjukkan bahwa kandungan polifenol pada apel dapat membantu mencegah kenaikan gula darah melalui berbagai mekanisme. Polifenol dalam apel telah terbukti dapat mengurangi penyerapan glukosa dari saluran pencernaan, merangsang sel-sel untuk mengeluarkan insulin, dan meningkatkan penyerapan glukosa dari darah melalui stimulasi reseptor insulin. Semua mekanisme yang dipicu oleh polifenol pada apel, dapat membuat Anda lebih mudah untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Karena sebagian besar polifenol pada apel berfungsi sebagai antioksidan, maka tidak heran banyak studi yang meneliti manfaat antioksidan dari apel untuk kesehatan. Manfaat antioksidan ini sangat penting dalam sistem kardiovaskuler, karena oksidasi lemak dalam membran sel yang melapisi pembuluh darah kita merupakan faktor risiko utama terjadinya penyumbatan arteri (aterosklerosis) dan masalah kardiovaskular lainnya.

Selain memiliki polifenol, flavonoid seperti quercetin yang ditemukan pada apel dapat menghambat enzim seperti alpha-amilase dan alpha-glukosidase. Kedua enzim ini berperan dalam pemecahan karbohidrat kompleks menjadi gula sederhana. Buah apel juga mengandung fitokimia, yang merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas. Zat ini juga berfungsi untuk menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Berdasarkan berbagai penelitian, manfaat antioksidan yang kuat dari apel juga terkait dengan kemampuan apel untuk menurunkan risiko asma dan menurunkan risiko kanker paru-paru. Masalah pernapasan yang terjadi akibat rusaknya fungsi utama dari paru-paru ini telah mengidap banyak orang, karena itu asma dikatakan sebagai penyakit umum. Untuk mengurangi gejala asma, Anda bisa memanfaatkan buah apel karena kandungan fitokimia dan polifenol di dalamnya dapat membantu tubuh memulihkan asma. Menurut para ahli, anak-anak yang terbiasa minum jus apel secara teratur tiap harinya menunjukkan terjadinya penurunan risiko serangan asma dan masalah pernapasan lainnya.

Makanan dan minuman yang dikonsumsi tiap hari selalu menyisakan racun dalam hati yang jika dibiarkan dapat mengakibatkan terganggunya fungsi hati. Salah satu langkah mudah yang dapat Anda lakukan adalah makan buah-buahan yang tinggi vitamin, mineral dan serat seperti apel untuk membantu membuang dan menetralkan racun dari dalam hati. Lebih menakjubkannya lagi, apel juga bisa mengurangi resiko kanker kanker. Kandungan pectin yang terdapat dalam apel memilki manfaat untuk mencegah kanker usus. Selain itu, buah apel juga dapat mencegah datangnya kanker paru-paru karena kandungan flavanoid, naringin serta quercetin yang terdapat didalamnya.

Sumber gambar : www.enakbernafas.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY