Manfaat Buah Dan Sayur Untuk Kesehatan Mata

0
166

SehatFresh.com – Mata sehat adalah mata yang dapat melihat benda yang dekat maupun jauh dengan sangat jelas. Kesehatan mata adalah hal yang tidak ternilai harganya. Ada berbagai faktor yang dapat  menyebabkan gangguan kesehatan mata, seperti membaca buku sambil tidur, terlalu lama menatap layar komputer dan bahkan membaca buku dengan penerangan yang seadanya.

Menjaga mata tetap sehat dapat dilakukan dengan banyak cara yang mudah, termasuk dari makanan. Seperti telah diketahui, wortel merupakan suatu jenis sayuran yang paling populer untuk kesehatan mata. Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat baik bagi kesehatan mata karena wortel mengandung beta karoten. Beta karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan mata. Wortel juga bermanfaat dalam melepaskan radikal bebas yang ada dalam tubuh kita.

Selain wortel, ada banyak jenis makanan lain yang baik itu kesehatan mata terutama makanan seperti buah dan sayur yang kaya akan kandungan beta karoten. Beta karoten ini dapat mengaktifkan pro vitamin A menjadi vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan meningkatkan daya akomodasi. Beta karoten umumnya terdapat di dalam buah-buahan khususnya yang berwarna kuning, jingga atau kemerahan.

Berikut adalah beberapa makanan yang kaya akan beta karoten dan nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan mata secara umum:

  • Ubi jalar

Ubi jalar merupakan salah satu makanan yang merupakan sumber vitamin C serta beta karoten yang sangat baik untuk kesehatan. Ubi jalar oranye banyak mengandung gizi dengan beta-karotennya yang sama bahkan lebih tinggi kandungan beta karoten dari pada wortel.

  • Alpukat

Alpukat merupkan jenis buah yang memiliki kandungan lutein paling banyak dibandingkan dengan buah lainnya. Lutein dapat mencegah degenerasi makular dan mata katarak. Selain itu buah alpukat juga berperan sebagai penyerap nutrisi penting seperti alfa dan beta-karoten  yang berperan dalam pembentukan vitamin A agar dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

  • Blewah

Blewah adalah sejenis melon manis dengan daging berwarna oranye pucat. Buah ini merupakan sumber vitamin A yang bagus dengan kandungan konsentrat beta karoten sehingga sangat baik untuk kesehatan mata.

  • Brokoli

Brokoli mengandung lutein dan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar lutein yang tinggi pada brokoli dapat mencegah degenerasi mata seperti degenerasi makula dan katarak.

  • Telur

Karotenoid dalam kuning telur, terutama karotenoid lutein dan zeaxanthin telah diteliti baik untuk kesehatan mata dengan mencegah degenerasi makula atau penurunan daya lihat seseorang. Karotenoid ini melindungi retina dari radikal bebas yang dapat memengaruhi kemampuannya untuk memfokuskan cahaya dengan benar.

  • Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale, merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata. Kedua senyawa tersebut yang akan membantu sel retina untuk menangkal radikal bebas, dan manfaatnya termasuk mengurangi risiko degenerasi makula.

  • Buah yang mengandung vitamin C

Penelitian menunjukkan bahwa retina mata kita sangat membutuhkan vitamin C,  agar sel-sel saraf mata dapat berfungsi dengan baik. Buah yang tinggi vitamin C diantaranya adalah jeruk, tomat, pepaya dan buah apel. Kadar vitamin C yang tinggi pada buah juga dapat menguatkan jaringan ikat pada area mata serta memperlancar peredaran darah. Vitamin C juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga meminimalkan risiko terjadinya infeksi pada mata.

Sumber gambar : buahan-sehat.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY