Manfaat Buah Mangga untuk Diet

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Memiliki tubuh yang ideal adalah impian semua orang, selain karena membuat tampilan menjadi percaya diri dengan memiliki tubuh yang ideal maka keadaan tubuh pun lebih stabil kesehatannya, untuk itu banyak orang yang selalu berusaha melakukan banyak kegiatan salah satunya yaitu dengan melakukan diet. Tahukah anda bahwa buah mangga dapat dijadikan sebagai salah satu jenis makanan yang dapat digunakan untuk diet?

Mangga merupakan salah satu buah yang tumbuh di daerah tropis dan buah ini dikenal sebagai rajanya buah. Tanaman buah mangga juga dikenal sebagai buah super, buah mangga memiliki rasa yang manis terkadang manis keasaman dan aroma yang unik. Tanaman mangga memiliki buah yang berwarna hijau saat masih muda, akan tetapi apabila matang maka warnanya akan berubah menjadi kuning kemerahan. Jenis buah ini memiliki besar yang beragam tergantung dari jenis buahnya, selain itu tanaman ini akan berbuah pada musim tertentu saja.

Menurut penelitian yang dijelaskan dalam jurnal Clinical Nutrion di Amerika Serikat menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi dapat membuat penurunan berat badan yang cepat dan mengecilkan lingkar pinggang. Salah satu jenis buat yang dimaksud diatas yaitu buah mangga dan plum. Cara diet menggunakan buah plum dan buah mangga hampir sama metode yang harus dilakukannya.

Buah mangga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh sehingga dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit diantaranya mengandung lebih dari 20 vitamin dan mineral. Apabila anda mengkonsumsi 1 buah mangga maka dapat memenuhi 80% kebutuhan harian akan vitamin C. Vitamin C memiliki berbagai manfaat diantaranya yaitu untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membantuk pembentukan produksi kolagen. Selain itu mengkonsumsi 1 buah mangga dapat memenuhi 25% kebutuhan harian vitamin A yang berfungsi untuk menyehatkan mata dan pertumbuhan tulang. Buah mangga akan membuat anda merasa kenyang lebih lama karena mangga yang memiliki ukuran sedang memiliki kandungan 12% serat baik yang dapat memenuhi kebutuhan harian anda.

Khasiat mengenai buah mangga yang digunakan untuk diet diperjelas oleh beberapa ahli yang menyatakan bahwa mengkonsumsi buah mangga maka perut akan terasa kenyang lebih lama. Buah mangga mengandung betakaroten dalam jumlah tinggi dibandingkan dengan jenis makanan yang lain. Meskipun mangga memiliki kalori dalam jumlah banyak akan tetapi buah mangga merupakan buah yang baik apabila digunakan untuk diet. Pada umumnya orang dewasa membutuhkan kalori setiap harinya sekitar 1.200 sampai 1.600 kalori yang berguna untuk menurutkan berat badan secara efektif.

Agar berat badan dapat turun 1 kg sampai 2 kg dalam waktu seminggu ada beberapa aturan yang harus anda lakukan agar konsumsi kalori tidak berlebihan, diantaranya sebagai berikut :

  1. Tidak boleh mengkonsumsi mangga lebih dari 1 buah dalam sehari.
  2. Harus di konsumsi bersama dengan jenis buah lainnya agar jumlah nutrisi beragam dan dapat terpenuhi semua.
  3. Diimbangi dengan aktivitas olahraga.

Mengkonsumsi buah mangga 1 buah per hari tidak hanya dapat membantu menurunkan berat badan, akan tetapi dapat berfungsi juga untuk membantu mencerahkan wajah dan membuat kulit menjadi lembut. Cara mengkonsumsi buah mangga seperti di makan langsung, di jus, dijadikan rujak yang dicampur buah lain tidak akan mempengaruhi kandungan nutrisinya. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here