Manfaat Buah Pare yang Efektif Membantu Menurunkan Berat Badan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pare adalah tanaman merambat yang termasuk suku labu-labuan (Cucurbitaceae). Pare yang banyak tumbuh di wilayah iklim tropis, sudah lama dimanfaatkan sebagai obat ataupun sayuran yang dikonsumsi. Lantas apa saja manfaat buah pare bagi kesehatan tubuh?

Tumbuhan pare di Indonesia

Tanaman pare yang sangat populer di Indonesia, ternyata memiliki banyak nama. Misalnya masyarakat di Jawa Barat yang mengenal pare dengan sebutan papare, paria, atau pare pahit. Pare di Sumatera sering disebut fori, paria, kambeh, atau pepare. Pare di Nusa Tenggara memiliki sebutan lain truwuk, paya, atau paitap. Sementara pare di Sulawesi memiliki sebutan lain pudu, poya, palia, atau pentu.

Di Indonesia, pare umumnya dikembangbiakan di dataran yang rendah. Pare akan berkembang baik pada situasi yang tidak terlalu banyak cahaya. Penanaman pare dapat diambil dari biji buah yang telah menguning dan tua. Tumbuhan pare bisa berkembang memanjat ke atas atau merambat di bawah, tergantung kondisi lingkungan.

Tanaman pare jika sudah berkembang akan memiliki cabang yang banyak. Buah pare memiliki bentuk memanjang, dengan memiliki 7 hingga 11 rusuk yang tidak beraturan. Memiliki bintil-bintil di buahnya, pare mempunyai ukuran panjang antara 8 hingga 30 cm. Soal rasa, semua orang pasti tahu jika pare memiliki rasa pahit.

Kandungan nutrisi pada pare

Rupanya rasa pahit pada pare diakibatkan senyawa cucurbitacins yang terkandung di dalamnya. Meskipun pahit, pare mempunyai berbagai kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Kandungan nutrisi itu seperti pospor, zat besi, vitamin A, kalsium, vitamin C, serat, vitamin B1, lemak, karbohidrat, hingga, protein.

Manfaat pare bagi kesehatan tubuh

Mengkonsumsi pare secara teratur dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini manfaat mengkonsumsi pare.

  1. Mampu mencegah kanker. Pare yang memiliki kandungan antioksidan tinggi, sangat cocok untuk mencegah kanker. Antioksidan akan mengikat radikal bebas yang menjadi faktor penyebab berkembangnya sel kanker.
  2. Mampu mengatasi gangguan pernafasan. Pare yang mengandung beberapa senyawa, mampu dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan pernafasan. Senyawa yang dimaksud seperti anti inflamasi, anti-histamin, ekspektoran, supresan, dan juga antivirus.
  3. Mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh akan tercipta karena pare memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Pare juga mempunyai banyak kandungan vitamin, sehingga cocok untuk menstabilkan kesehatan.
  4. Mampu untuk detoksifikasi racun di dalam tubuh. Pare dapat digunakan untuk detoksifikasi racun di dalam tubuh. Hal tersebut berdampak pada kesehatan darah dan hati.
  5. Mampu menurunkan berat badan seseorang. Pare yang mempunyai kandungan serat tinggi, akan membantu seseorang dalam menjalankan program diet.
  6. Mampu menghilangkan jerawat. Pare yang mengandung khasiat anti bakteri dan anti jamur, sangat cocok dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki jerawat. Kandungan beta-karoten pada pare dapat mengatasi jerawat di kulit, sekaligus antioksidan bisa mencegah efek radiasi ultraviolet. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here