Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Plum merupakan buah dengan kandungan gizi yang sangat baik. Kandungan gizi tersebut meliputi vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin K, vitamin E, vitamin B6, asam karbonat, asam folat, fluor, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, seng, tinggi serat, rendah kalori, tidak mempunyai lemak jenuh serta kaya akan antioksidan.

Dengan kaya kandungan gizi, membuat plum menjadi buah yang sering disarankan oleh dokter untuk dikonsumsi karena baik untuk kesehatan. Namun, banyak yang merasa susah untuk membelinya, disamping merupakan buah import plum juga memiliki harga yang mahal dan jarang atau kurang populer di Indonesia.

Buah plum ini paling banyak dijumpai di China dimana negara tersebut merupakan produsen utama dari buah plum. Selain China, buah plum paling banyak juga berasal dari Amerika Serikat, Serbia dan Juga Rumania.

Meski jarang ditemui di Indonesia. Tidak ada salahnya jika anda mengetahui manfaat dari buah plum ini khususnya untuk kesehatan. Mungkin saja suatu saat anda ingin membelinya, dengan itu anda sudah mengetahui manfaatnya. Berikut manfaat buah plum bagi kesehatan:

  1. Mengobati obesitas

Obesitas merupakan salah satu faktor pemicu beberapa penyakit kronis berbahaya. Jadi diet yang baik dibutuhkan oleh orang obesitas agar terhindar dari komplikasinya. Buah plum dapat dijadikan sebagai alternatif diet obesitas sebab mengandung serat yang tinggi dimana baik untuk diet.

  1. Mengatasi diabetes

Plum merupakan buah dengan glukosa alami yang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Manfaat plum bagi penderita diabetes meliputi menurunkan kadar glukosa dan tingkat trigliserida tubuh, dan zat flavonoid dalam plum mampu memberikan perlindungan pada kadar insulin serta meningkatkan kesensitivan insulin dalam tubuh.

  1. Baik untuk kesehatan tulang

Menjaga kesehatan tulang itu penting agar terhindar dari osteoporis. Salah satunya dengan mengonsumsi buah plum.  Buah plum memiliki zat anabolik dan anti resorptive yang mampu menjaga kesehatan tulang. Apalagi bagi wanita dalam pasca menoupouse akan mendapatkan kandungan asam caffeic dari plum dalam menghambat kerusakan jaringan dalam tulang.

  1. Mencegah radikal bebas

Radikal bebas ini diangap berbahaya bagi tubuh, apalagi sekarang ini mudah sekali untuk terpapar radikal bebas. Plum ini memiliki manfaat mencegah radikal bebas karena kandungan senyawa yang dimilikinya seperti vitamin C, fitonutrisi, cryptoxanthin, zea-xanthin, asam neochhlorogenic dan Klorogenat.

  1. Membantu sistem pencernaan

Beberapa masalah sistem pencernaan yang anda derita biasnya akan sangat tidak nyaman. Namun tenang saja, plum bisa menjadi solusinya jika anda mengonsumsi buah plum. Serat dalam buah plum ini bermanfaat dalam membantu proses pencernaan dalam tubuh anda. Selain tinggi serat, plum juga mengandung senyawa sorbitol, isatol, dan isatin yang baik bagi sistem pencernaan. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here