Manfaat Chia Seeds Bagi Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apakah anda tahu apa itu chia seeds? Chia seed merupakan suatu jenis biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L. Jenis tanaman ini tumbuh di negara Meksiko dan Amerika Selatan. Chia seed mulai masuk ke Indonesia dan menjadi makanan organik yang banyak disukai orang Indonesia. Chia seed memiliki rasa yang hambr sehingga sebelumnya menyantapnya sebaiknya di rendam terlebih dahulu di dalam air selama beberapa menit. Selain itu anda bisa mengkonsumsi dengan cara mencampurkannya dengan jenis makanan yang lain.

Menerut sebuah penelitian chia seeds merupakan suatu jenis tanaman yang di anggap paling sehat di dunia, sehingga tidak heran jika suku Aztec dan suku Maya telah mengkonsumsinya sejak dulu. Chia seed memiliki kandungan antioksidan, protein, serat, omega-3, kalsium, magnesium, fosfor, zinx, vitamin B3, potasium, vitamin B1 dan vitamin B2. Tahukah anda bahwa chia seeds memiliki manfaat bagi ibu hamil?

Kandungan nutrisi yang terdapat didalam chia seeds sangat bagi bagi kesehatan ibu hamil dan juga janin yang ada didalam kandungannya. Untuk itu ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis makanan ini. Manfaat chia seeds bagi ibu hamil diantaranya sebagai berikut:

  1. Membantu perkembangan otak janin

Chia seed mengandung omega-3 yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak pada janin. Sehingga chia seeds bisa digunakan sebagai alternatif pengganti makanan ikan salmon atau suplemen minyak ikan

  1. Memperlambat penyerapan gula

Chia seeds memiliki fungsi untuk memperlambat pencernaan dan menstabilkan kadar gula dalam darah. Sehingga hal ini bisa memperlambat penyerapan gula karena kadar gula yang tinggi dapat beresiko bagi kehamilan.

  1. Mengisi nutrisi yang hilang

Chia seed dapat menggantikan nutrisi yang hilang selama kehamilan. karena ibu hamil harus banyak mendapatkan nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

  1. Mengobati sembelit

Chia seeds memiliki kandunga serat yang sangat tinggi sehingga tanaman ini bisa membantu ibu hamil yang mengalami susah BAB atau yang disebut dengan konstipasi. Pada trimester ketiga ibu hamil akan mengalami ketidaknyamanan berupa konstipasi yang disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil.

Selain keempat manfaat kesehatan chia seeds bagi ibu hamil. Chia seeds juga memiliki manfaat kesehatan seperti daya tahan tubuh, menghidrasi tubuh dengan lebih baik, mengurangi kadar kolesterol dan peradangan, melindungi tubuh dari karsinogenik, kesehatan tulang dan gigi, kesehatan jantung, kesehatan pencernaan dan detokfikasi, menurunkan berat badan dan bisa digunakan sebagai radikal bebas. Menurut sebuah penelitian dalam 2 sendok makan chia seeds mengandung 138 kalori, 8,5 gram lemak, 4,5 gram protein, 11 gram karbohidrat, 9 gram serat. Sehingga satu porsi chia seeds telah mengisi kebutuhan protein ibu hamil sekitar 15%, sepertiga kebutuhan serat harian, dan hampir memenuhi kebutuhan kalori ibu hamil pada saat akan masuk pada trimester tiga.

Peringan dan potensi efek samping dari chia seeds

Pada saat mengkonsumsi chia seed ada sebagian orang yang akan mengalami ketidaknyamanan pada perut, terutama apabila seseorang mengkonsumsi chia seeds dalam jumlah besar karena tanaman ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Sebaiknya anda harus mengkonsumsi chia seed dalam jumlah yang normal dan tidak berlebihan sehingga chia seeds yang anda konsumsi berfungsi bagi kesehatan. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here