Manfaat Cincau Hitam Sebagai Pereda Panas Dalam dan Kesehatan Pencernaan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Salah satu minuman yang nikmat untuk dikonsumsi saat panasnya siang hari adalah es cincau. Cincau dapat berbentuk seperti agar-agar karena daun cincau mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul air. Selama ini mungkin Anda lebih akrab dengan cincau hijau yang banyak dijual di pinggir jalan. Manfaat cincau hijau bagi kesehatan pun tidak perlu diragukan lagi. Tapi sebenarnya, selain cincau hijau, terdapat cincau hitam yang juga sangat menyegarkan.

Cincau hitam merupakan sejenis agar-agar berwarna hitam kecoklat-coklatan yang biasa dimakan sebagai makanan pencuci mulut atau sekadar pelepas dahaga. Cincau hitam biasanya dipotong kotak-kotak kecil lalu dicampurkan dalam sirup dingin. Tidak jarang juga ditambahkan parutan kelapa muda serta potongan buah-buahan.

Berbeda dengan cincau hijau yang dibuat dari tumbuhan cincau hijau (Cylea barbata), cincau hitam terbuat dari tumbuhan genus Mesona, khususnya Mesona procumbens dan Mesona chinensis yang banyak terdapat di Tiongkok. Sedangkan di wilayah Indonesia, tanaman cincau Mesona palustris yang punya nama lokal Janggelan—adalah tanaman penghasil cincau hitam.

Cincau hitam ini punya banyak manfaat bagi tubuh Anda. Apa saja manfaat cincau hitam? Tidak hanya nikmat dan menyegarkan, ternyata cincau hitam memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa cincau hitam mampu mengatasi masalah panas dalam dan sekaligus bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan. Hal ini disebabkan oleh kandungan cincau yang berupa karbohidrat, kalsium, fosfor, vitamin A, B1 dan C, air, dan mineral. Biasanya panas dalam ini sering di alami oleh anak-anak bahkan bayi juga dapat terkena penyakit panas dalam. Cincau hitam juga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet karena rendah kalori dan kaya akan serat.

Tingginya kandungan serat pada cincau hitam juga mampu mengatasi masalah perut seperti kembung, sembelit, diare dan masalah pencernaan lainnya. Selain itu, kandungan serat larut air di dalam cincau hitam juga disebut-sebut mampu untuk mengikat gula, lemak hingga kolesterol. Hal ini mengartikan bahwa mengkonsumsi cincau hitam mampu menurunkan resiko terkena berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes, penyakit jantung, stroke dan masalah kardiovaskular lainnya. Kandungan serat yang ada pada daun cincau sangat berguna untuk membersihkan organ-organ pencernaan penyebab terjadinya kanker. Seperti yang telah disebutkan di atas, cincau juga dipercaya mampu meringankan mulas, sembelit, perut kembung, demam dan diare. Minuman cincau hitam ini memiliki manfaat untuk menjaga pencernaan agar dapat bekerja dengan baik. Kandungan senyawa gula dalam minuman ini mampu mengatasi gangguan sakit perut.

Manfaat cincau hitam yang disebutkan di atas bisa didapatkan secara maksimal jika dikonsumsi tanpa adanya tambahan gula atau pemanis lainnya. Jika Anda ragu dengan cincau hitam yang beredar di pasar, Anda juga bisa membuat cincau ini sendiri. Cara membuat cincau hitam juga cukup mudah yaitu hanya merebus air perasan daun cincau dan biarkan air perasan tersebut mengeras dan mendingin hingga menjadi agar-agar yang kemudian bisa Anda campurkan dengan minuman atau sebagai hidangan penutup. (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here