Manfaat Coklat Untuk Kecantikan

SehatFresh.com – Selama ini, cokelat populer dengan manfaatnya sebagai mood booster. Untuk para wanita, ternyata cokelat juga baik untuk kecantikan. Tapi, manfaat ini hanya bisa didapat dari cokelat hitam (dark chocolate). Cokelat hitam mengandung antioksidan lebih tinggi dan berbagai nutrisi penting lainnya yang membantu Anda untuk tetap sehat dan cantik.

Pada dasarnya, cokelat atau lebih tepatnya cokelat hitam kaya akan antioksidan (terutama flavonoid) vitamin A, B1, C, D dan E, serta mineral seperti zat besi, kalsium, seng dan tembaga. Secara kolektif, mineral, vitamin, dan antioksidan ini tidak hanya memberi manfaat kesehatan seperti menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, tapi juga membuat kulit lebih cantik dan rambut lebih berkilau.

Antioksidan yang ditemukan dalam jumlah sangat besar dalam cokelat hitam terutama flavonoid, membantu memerangi dan mencegah kerusakan kulit yang disebabkan radikal bebas karena paparan sinar ultra violet, bahan kimia dan pencemaran lingkungan. Singkatnya, flavonoid ini melindungi kulit dari bahaya sinar matahari sehingga mencegah terjadinya penuaan dini.

Cokelat hitam juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah infeksi pada kulit termasuk kulit kepala. Tentunya, hampir semua orang tahu kalau cokelat itu adalah makanan peningkat mood (mood booster). Sejumlah penelitian pun telah membuktikan bahwa cokelat membantu pelepasan serotonin dan endorfin, yang fungsinya meningkatkan suasana hati dengan melawan efek hormon stres. Penurunan hormon stres ini pada gilirannya menurunkan kerusakan kolagen sehingga memperlambat munculnya keriput dan garis-garis halus yang datang seiring penuaan.

Vitamin yang ditemukan dalam cokelat hitam dapat memperbaiki kulit kering, seperti vitamin A, B1, C, D dan E. Dikombinasikan dengan manfaat beberapa seperti zat besi dan kalsium, kehalusan, kelembutan, elastisitas dan kelembaban kulit menjadi lebih terjaga. Secara khusus, mineral seng, tembaga, dan zat besi merangsang pertumbuhan sel baru sehingga membuat kulit tampak awet muda. Mineral-mineral tersebut juga mendorong peningkatan sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan rambut. Selain itu, vitamin dan mineral bekerja sama meningkatkan sirkulasi darah ke kapiler halus di lapisan terluar kulit sehingga membantu penyerapan oksigen lebih maksimal dan membuat kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Menurut Kristin Kirkpatrick, R.D., M.S., dari Cleveland Clinic, untuk mendapatkan manfaat cantiknya, konsumsilah dua hingga tiga ons cokelat hitam dengan padatan kakao setidaknya 70% dalam seminggu. Jadikan itu sebagai bagian dari diet seimbang, disertai olahraga teratur, cukup tidur, tidak merokok dan hindari minum alkohol.

Sumber gabar : www.designes.biz

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY