Manfaat Coklat Yang Tak Terduga Untuk Kehamilan

SehatFresh.com – Ada berbagai jenis cokelat. Namun, makanan hasil olahan biji kakao ini yang paling baik dari segi manfaatnya adalah jenis cokelat hitam (dark chocolate) karena lebih padat kakao dan mengandung lebih sedikit gula. Cokelat jenis ini terbukti memberi beberapa manfaat kesehatan terutama untuk wanita hamil. Menurut penelitian, cokelat hitam dapat membantu mencegah preeklampsia, menurunkan stres serta membuat bayi lebih bahagia.

  • Mencegah preeklampsia

Preeklampsia adalah salah satu di antara banyak penyebab kelahiran prematur. Kondisi ini ditandai dengan tekanan darah tinggi. Ketika tekanan darah wanita hamil naik, ini dapat menyebabkan kejang-kejang, menyebabkan pembekuan darah serta menyebabkan kerusakan pada hati, bahkan hingga berujung pada gagal ginjal. Menurut laporan dari Annals of Epidemiology, kandungan theobromine dalam coklat dapat membantu mencegah kondisi tersebut. Para peneliti dari Yale University menyebutkan bahwa mereka yang makan cokelat secara teratur menjadi 50 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menderita preeklampsia selama kehamilan.

  • Mengurangi stres

Cokelat adalah mood booster, memang benar demikian. Cokelat hitam dapat meningkatkan mood dengan meningkatkan kadar serotonin dan endorfin dalam otak. Menurut penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2009 dalam jurnal “Proteome Research”, makan 1,4 ons cokelat hitam setiap hari selama dua minggu dikaitkan dengan penurunan hormon stres (kortisol).

  • Melancarkan sirkulasi darah

Kakao mengandung theobromine yang membantu meregulasi tekanan darah secara tepat. Komponen dalam coklat ini dapat membantu menjaga tekanan darah dengan membantu dalam pelebaran pembuluh darah.

  • Membuat bayi lebih bahagia

Para peneliti di Finlandia mengklaim bahwa cokelat dapat memengaruhi perilaku bayi. Majalah The New Scientist melaporkan bahwa wanita hamil yang mengonsumsi cokelat lebih mungkin untuk melahirkan bayi yang lebih bahagia dan lebih lincah. Hal ini disimpulkan setelah mengobservasi 300 wanita hamil. Para peneliti mengamati perbedaan besar antara wanita hamil yang mengonsumsi cokelat selama kehamilan untuk menghilangkan stres dan mereka yang tidak.

Para ibu hamil yang mengudap cokelat selama kehamilan melaporkan bayi mereka tampak lincah dan bahagia. Bayi-bayi juga merespon situasi baru dengan baik dibandingkan dengan bayi-bayi dari ibu yang tidak makan cokelat selama kehamilan. Kesimpulan ini terkait dengan bahan kimia yang terkandung dalam cokelat, terutama phenylethylamine (PEA). PEA mendorong otak melepaskan beberapa endorfin yang membuat kita merasa lebih bahagia. Senyawa ini dipercaya akan diteruskan dari ibu ke bayinya.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Cokelat memiliki kandungan antioksidan potensial, yaitu flavonoid. Wanita hamil bisa mendapatkan keuntungan dari sifat antioksidan ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh, melawan kanker tertentu dan membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. Cokelat juga memiliki kandungan zat besi, magnesium dan nutrisi lainnya. Wanita hamil bisa mendapatkan keuntungan dari nutrisi tersebut selama masa kehamilan mereka.

Cokelat menawarkan manfaat kesehatan yang besar, namun, konsumsi berlebihan coklat selama kehamilan menyebabkan kenaikan berat badan ekstrim akibat peningkatan asupan kalori dan lemak. Peningkatan berlebihan selama kehamilan dapat menyebabkan diabetes gestational, varises, kelelahan, tekanan darah tinggi dan meningkatkan kemungkinan persalinan dengan operasi caesar.

Makan terlalu banyak cokelat atau makanan manis lainnya bisa mengurangi selera makan untuk mengonsumsi makanan sehat. Selama kehamilan, Anda perlu diet seimbang yang mencakup karbohidrat kompleks, protein tanpa lemak, lemak sehat, buah-buahan, sayuran, dan susu. Makanlah cokelat hitam dalam jumlah sedang (tidak lebih dari satu ons per hari) dan jadikan itu sebagai bagian dari diet seimbang dan bergizi. Ibu hamil yang didiagnosa dengan diabetes gestasional perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai konsumsi cokelat.

Sumber gambar : bajusepakbola.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY