Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Olahan daging kambing menjadi salah satu masakan favorit yang sudah dikonsumsi sejak zaman dahulu kala. Mulai dari gulai, sate, sup kambing dan masih banyak lagi masakan lainnya yang dijajakan di Indonesia. Dagingnya yang gurih dan lezat membuat olahan daging kambing banyak dicari dan diminati.

Di balik kenikmatan dan kelezatannya, sebenarnya daging kambing memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Daging kambing merupakan salah satu contoh daging merah yang rendah lemak sehingga baik dikonsumsi oleh siapa saja.

Menurut penelitian, daging kambing berperan dalan menstabilkan detak jantung dan meningkatkan kadar kolestrol baik. Hebatnya lagi, dalam hal nutrisi, daging kambing juga lebih unggul dari daging ayam dan kalkun.

Sebelum berbicara lebih lanjut mengenai manfaat dari daging kambing, ada baiknya kita menyimak tentang gizi yang dikandungnya. Berdasarkan Nutritiondata.com, per 100 gram daging kambing memiliki sebesar 234 kalori dari lemak sebesar 100. Kandungan lemak dalam daging kambing sebesar 11 gram yang bisa memenuhi 17 % kebutuhan harian. Lemak jenuh dari daging kambing ini adalah 5%, sodium sebanyak 135 mg yang mampu mencukupi kebutuhan harian sebanyak 6% serta masih banyak lagi.

Nutrisi daging kambing memberi manfaat bagi kesehatan tubuh seperti:

  1. Menjaga kesehatan jantung

Jika ada yang berpendapat bahwa terlalu banyak mengkonsumsi daging kambing akan membuat kolestrol meningkat, itu sebenarnya tidak sepenuhnya benar, malahan daging kambing yang memiliki lemah tak jenuh ini berfungsi sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung serta mencegah penyakit jantung koroner.

  1. Mencegah anemia

Daging kambing memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Zat besi berperan dalam pembentukan sel darah merah. Jadi, dengan mengkonsumsi daging kambing, masalah anemia pun bisa teratasi.

  1. Mencegah kanker

Tubuh memerlukan kandungan kolin dan selenium untuk menangkal kanker dalam tubuh kita. Daging kambing memiliki syarat tersebut untuk mencegah kanker karena daging kambing mengandung zat besi, vitamin B, selenium dan kolin.

Kandungan asam linoleat dalam daging kambing pun mampu mencegah peradangan yang menyebabkan adanya kanker dan tumor mematikan.

  1. Menurunkan berat badan

Apakah Anda sedang dalam usaha untuk menurunkan berat badan? Kalau iya, maka daging kambing adalah satu hal yang dapat membantu Anda mendapatkan berat badan ideal. Protein tinggi dan lemak yang rendah di dalam daging kambing akan membantu mengontrol berat badan Anda sehingga bisa mencegah obesitas.

Vitamin B dalam daging kambing pun mampu membantu metabolisme dalam tubuh kita sehingga membakar kalori dan lemak lebih cepat.

Nah, jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi daging kambing karena selain nikmat ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda. (AYK).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here