Manfaat dan Efek Samping Cuka Apel

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apel cuka atau dikenal dengan sebutan lain sari cuka yaitu suatu jenis cuka yang diklaim memiliki banyak manfaat kesehatan yang diperlukan oleh tubuh dan banyak dari manfaat tersebut telah dibuktikan oleh beberapa penelitian. Proses pembuatan cuka apel yaitu dengan cara di fermentasi dimana kandungan gula di dalam buah apel akan diubah menjadi asam asetat.

Cuka apel memiiki kandungan nutrisi seperti Vit A, B1, B2, B6, C, E, potasium, kalsium dan magnesium. Kandungan nutrisi di dalam buah tersebut memiliki banyak manfaat kesehatan seperti berikut ini :

  1. Membunuh bakteri

Cuka apel berfungsi untuk membunuh patogen dan bakteri dalam tubuh. Seorang bapak kedokteran modern yang bernama Hippocrates menggunakan cuka apel untuk membersihkan luka lebih dari 200 tahun lalu. Selain itu menurut sebuah penelitian menunjukan bahwa apel cuka dapat menghambat bakteri yang ada dalam makanan dan merusaknya.

  1. Gula darah

Gula darah dapat diatasi dengan tepat dimana penderita menghindari konsumsi karbohidrat dan gula olahan, olahraga dan perbanyak konsumsi buah dan sayur. Selain itu anda dapat mengkonsumsi asa cuka untuk mengobati penyakit diabetes.

  1. Mengecilkan lingkar pinggang

Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa apel cuka dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga anda akan lebih sedikit untuk makan. Hal ini dapat diartikan bahwa apel cuka mampu menjadi alternatif untuk diet.

  1. Menurunkan kolesterol

Kolesterol adalah sebuah penyakit dimana kadar lemak dalam tubuh melebihi batas > 200 mg/dl. Selain itu penyakit kolesterol dapat berdampak pada kondisi penyakit jantung, stroke dan lain-lain.

  1. Mencegah kanker

Menurut sebuah penelitian menyatakan berbagai jenis cuka dapat membunuh sel kanker dan dan mengecilkan tumor. Hal ini dapat diartikan pula bahwa apel cuka dapat diduga memiliki efek anti kanker. Akan tetapi hal ini memerlukan penelitian lebih lanjut.

  1. Obat jerawat

Antibakteri dalam cuka apel mampu dijadikan sebagai obat jerawat. Hal ini dapat menjadi solusi bagi anda yang memiliki masalah dengan jerawat.

  1. Iritasi kulit

Iritasi kulit akibat paparan sinar matahari dapat anda atasi dengan asam suka. Telah kita ketahui bahwa sinar matahari memaparkan ultra violet yang memiliki efek buruk bagi kulit.

  1. Mengatasi gigitan serangga

Bagi anda yang merasa takut si kecil dikerumuni nyamuk dan akan beresiko terkena penyakit DBD atau malaria, maka cuka apel dapat anda jadikan solusi untuk mengatasinya.

Selain 8 manfaat diatas ternyata apal cuka juga memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan. Efek samping tersebut yaitu dapat merusak email gigi, menyebabkan luka bakar pada tenggorokan dan kulit, menyebabkan terjadinya interaksi obat, memperlambat pengosongan perut dan menyebabkan pengeroposan tulang. (KMY)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here