Manfaat dan Keuntungan Melahirkan dengan Lotus Birth

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apa yang anda ketahui tentang melahirkan dengan menggunakan metode lotus birth? Lotus birth merupakan suatu metode atau upaya proses persalinan dengan mempertahankan ari-ari atau plasenta tetap menyatu dengan bayi. Hal ini berarti tidak dilakukan pemotongan tali pusat segera setelah bayi akan tetapi dilakukan penundaan pemotongan dan membiarkan tali pusat tetap menyatu dengan bayi. Proses persalinan jenis ini masih jarang dilakukan di Indonesia dan bahkan di dunia pun jarang sekali yang menggunakan metode ini karena ada sebagian para ahli yang berpendapat jika ari-ari dibutuhkan bayi pada saat masih di dalam rahim ibu, akan tetapi jika bayi sudah di luar rahim maka ari-ari tersebut di anggap sudah mati dan tidak ada manfaatnya.

Namun ada sebagian ahli yang mengatakan bahwa melahirkan dengan menggunakan metode lotus birth memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan bayi. Berikut ini beberapa manfaat yang akan di dapatkan apabila melahirkan menggunakan metode lotus birth, yaitu :

  1. Mencegah anemia

Menurut penelitian yang dijelaskan dalam British Medical Journal menyatakan bahwa dengan melakukan penundaan memotong tali pusat bayi selama 3 menit dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya anemia karena hal ini dapat meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh bayi sehingga tindikan ini baik jika dilakukan pada bayi prematur.

  1. Menjaga suplai darah bayi

menurut 11 studi yang telah melakukan evaluasi terhadap manfaat ibu dan bayi dengan menunda penjepittan tali pusat menandakan bahwa darah tidak lagi mengalir antara plasenta ibu dan bayi. Akan tetapi setelah bayi lahir plasenta masil mengalirkan darah kepada bayi sekitar 40-60 ml. Hal ini tentunya mengurangi resiko terjadinya anemia pada bayi karena jika tali pusat di potong maka secara mendadak aliran darah akan berhenti sehingga resiko terjadinya anemia pada masa anak-anak.

  1. Bayi cepat menangis pasca persalinan

Dengan melakukan penundaan pemotongan tali pusat pasca melahirkan berfungsi agar bayi yang baru saja dilahirkan dapat merangsang bayi untuk menangis.

  1. Bayi menjadi lebih tenang

Hasil penelitian yang telah dilakukan beberapa ahli menyatakan bahwa bayi yang dilahirkan dengan proses persalinan menggunakan metode lotus birth memiliki perbedaan prilaku dengan bayi yang dilahirkan dengan melakukan pemotongan tali pusat segera setelah kelahiran bayi. Bayi yang dilahirkan denga metode lotus birth akan lebih tenang, bayi akan tidur lebih nyenyak, dan bayi memiliki proses menghisap ASI dengan baik. Hal ini dikarenakan tidak ada luka pada daerah tali pusat yang dapat mengganggu bayi.

  1. Mencegah timbulnya penyakit

Tali pusat yang dibiarkan menyatu dengan bayi dan lepas secara alami dapat memenuhi jumlah volume darah dalam tubuh bayi tersebut sehingga hal ini dapat membantu mencegah timbulnya berbagai penyakit di masa depan. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here