Manfaat dan Keuntungan yang Didapatkan Pria Jika Melakukan Meditasi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak orang yang belum mengetahui meditasi seperti apa, sehingga banyak yang mengira bahwa meditasi membutuhkan ruangan tenang atau musik khusus. Padahal meditasi bisa dilakukan kapan saja, misalnya saat menunggu bus datang, atau ditengah kemacetan.

Meditasi merupakan proses untuk melatih fokus pikiran sehingga memiliki pandangan yang jernih atau kondisi saat ini dan tetap merasa tenang. Proses relaksasi dengan meditasi ini umumnya dilakukan dengan duduk tenang dengan mengatur pernapasan secara perlahan dan teratur setidaknya selama 15-20 menit.

Meidtasi dapat dilakukan oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun. Meditasi seringkali dikaitkan dengan kaum hawa. Karena memang banyak dari kaum hawa yang melakukan meditasi untuk menjaga kebugaran tubuh sekaligus merelaksasikan pikiran. Padahal kaum pria juga membutuhkan meditasi untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

Cara kerja dari meditasi adalah ketika tubuh merespons stres dengan melepaskan hormon epinefrin dan norepinefrin yang menyebabkan detak jantung, aliran darah, dan tekanan darah meningkat. Dengan melakukan meditasi maka akan menurunkan detak jantung dan mampu mengatur aliran dan tekanan darah menjadi normal. Dengan bermeditasi  maka akan mengesampingkan pikiran negatif yang dapat memicu stres.

Bagi kaum pria sendiri meditasi tidak hanya mampu memberikan pikiran menjadi lebih tenang atau terhindar dari stres. Meditasi pada kaum pria juga membuat pikiran menjadi terlatih sehingga tentunya dapat mengerjakan berbagai macam tugas dengan baik dan lebih cepat. Berikut beberapa manfaat meditasi bagi kaum pria.

  1. Meditasi melatih diri untuk mengelola stress dengan melihat dari sisi lain

Meditasi dilakukan dengan duduk tenang dan memfokuskan pikiran positif dan mengesampingkan pikiran negatif. Meditasi memerlukan konsentrasi dan ketenangan pikiran sehingga akan menghasilkan ketenangan dan keseimbangan jiwa secara menyeluruh.

  1. Meditasi meningkatkan produktivitas

Meditasi yang dilakukan tidak hanya dengan duduk-duduk tidak jelas tujuannya. Namun sebuah proses untuk membimbing emosional dalam pikiran menjadi jiwa yang fokus, penuh perencanaan, dan berpikir kritis untuk mengerjakan sesuatu secara efisien.

  1. Membantu membentuk otot

Membentuk otot agar lebih kekar dan berbentuk  membutuhkan mental yang kuat. Dengan meditasi akan membuat anda mampu merencanakan apa saja menu diet yang cocok dan mengubah ‘paksaan’ untuk makan sehat atau berolahraga menjadi penuh kesadaran dan kasih.

  1. Menambah kemampuan atletis

Meditasi membantu anda memperhatikan detail, mengembangkan kesadaran yang lebih tajam untuk merasakan sensasi dalam tubuh dan merasakan bagaimana anda bergerak. Kesadaran atau fokus inilah yang menjadi kunci untuk mencegah terjadinya cedera dan memungkinkan anda untuk berolahraga lebih sering dan intens untuk pencapaian kemampuan atletis yang lebih baik.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here