Manfaat dan Resiko Sex Toys untuk Keintiman Rumah Tangga

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jika akhir-akhir ini suami istri merasakan aktivitas seksual yang terasa hambar, mungkin saja butuh suasana baru dalam bercinta. Tidak harus pergi untuk mencari tempat-tempat yang romantis karena setiap pasangan dapat menciptakan sensasi berbeda di kamar dengan memanfaatkan sex toys.

Sex toys atau yang juga disebut mainan seks merupakan alat-alat yang bermanfaat sebagai penunjang keintiman bagi pasangan ketika berhubungan seksual. Hanya saja memakai sex toys saat berberhubungan seks juga ada aturannya, karena terkait resiko keamanan yang bisa diterima.

Risiko memakai sex toys yang harus diketahui

  1. Sex toys mengandung bahan kimia berbahaya. Harus diketahui jika beberapa sex toys dibuat dari bahan plastik yang cukup lunak. Guna melunakkan plastik tersebut, produsen pembuat mainan seks biasanya memanfaatkan bahan kimia bernama phthalates. Rupanya bahan kimia ini bisa memberikan efek samping bagi kesehatan. Bahan kimia tersebut dapat mengakibatkan gangguan pada hati, sistem reproduksi, dan berpotensi kanker.
  2. Sex toys bisa menularkan penyakit seksual. Selain mengandung bahan kimia yang berbahaya, pemakaian sex toys juga dapat meningkatkan risiko penularan penyakit. Misalnya saja penyakit kelamin yang ditularkan melalui cairan dalam tubuh. Hal itu terjadi karena cairan tubuh seperti cairan vagina atau sperma bisa menempel di mainan seks. Bila mainan itu dipakai secara bergantian, maka bakteri atau virus yang menempel juga bisa berpindah ke pasangan. Beberapa penyakit yang bisa ditularkan antara lain hepatitis, HIV, gonorea, hingga klamidia.
  3. Sex toys bisa mengakibatkan luka, cedera atau alergi. Seperti yang diketahui jika sebagian besar sex toys menggunakan penggetar yang dikendalikan mesin. Bila tidak berhati-hati saat memakai sex toys, maka rentan mengalami luka atau iritasi di alat kelamin. Terlebih jika seseorang mempunyai kulit yang sensitif dan akan bereaksi saat bersentuhan dengan karet, kain, plastik, atau bahan pelumas yang biasanya dilumuri pada sex toys tersebut.

Tips aman menggunakan sex toys

Sex toys memang bisa menjadi bumbu penyedap bagi setiap pasangan saat sedang berhubungan seksual. Namun demikian harus berhati-hati dalam memanfaatkan mainan seks tersebut. Berikut ini beberapa tips aman dalam menggunakan sex toys.

  1. Pasangan perlu memilih sex toys yang terdapat tulisan “bebas phthalates”. Biasanya produsen yang telah terpercaya dan bereputasi baik bisa menjaga keamanan produk-produknya.
  2. Pasangan dianjurkan untuk memakai kondom ketika beraktivitas dengan sex toys guna mencegah penularan penyakit-penyakit berbahaya. Kemudian dianjurkan pula untuk langsung mengganti kondom setelah melakukan penetrasi atau ejakulasi.
  3. Pasangan dianjukan untuk mencuci mainan seks setelah dipakai dengan air panas dan sabun.
  4. Pasangan dianjurkan untuk menghindari pemakaian mainan seks yang sama secara bergantian. Namun jika ingin dipakai bergantian, maka sex toys tersebut harus dicuci sampai bersih terlebih dahulu.
  5. Pasangan dianjurkan untuk menghindari posisi seks yang terlalu keras ketika memakai mainan seks ini. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here