Manfaat dan Risiko dari Kopi Hijau

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kopi hijau sering diklaim dapat membawa khasiat bagi tubuh. Tetapi sama seperti kopi pada umumnya, tanaman herbal ini juga mengandung risiko dan efek samping. Kopi hijau adalah biji kopi yang belum dimasak sehingga memiliki kadar asam klorogenik yang lebih tinggi dibandingkan kopi yang digiling.

Asam klorogenik inilah yang diklaim dapat membakar lemak lebih cepat sehingga dapat menurunkan kelebihan berat badan. Manfaat lainnya apa saja dari kopi hijau?

  • Menurunkan darah tinggi

Asam klorogenat pada kopi hijau juga dapat mengurangi tekanan darah. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006 di Clinical and Experimental Hypertension menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi perhari menunjukkan penurunan tekanan darah.

  • Meningkatkan mooddan kinerja kognitif

Kafein yang ada dalam kopi hijau memiliki efek yang positif pada suasana hati dan juga pada aktivitas otak Anda. Menurut penelitian yang dipublikasikan pada bulan Februari 2008 di Nutrition Bulletin, beberapa studi telah mengonfirmasi bahwa kafein dapat meningkatkan reaksi waktu, kewaspadaan, memori, fokus, ketahanan tubuh dan berbagai faktor lain dari kinerja kognitif.

  • Menyembuhkan penyakit alzheimer

Di tahun 2012, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan Nutritional Neuroscience, menunjukkan bahwa ekstrak kopi dapat membantu melindungi tubuh dari risiko penyakit Alzheimer yang diklaim merupakan penyakit cukup serius. Bahkan  dengan menggunakan kopi hijau ini, juga bisa membantu tubuh untuk melawan resistensi insulin dalam tubuh.

  • Aantioksidan

Biji kopi ini mengandung beberapa zat antioksidan yang dapat mengurangi efek radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh. Menurut penelitian yang diterbitkan pada bulan Juli 2004, antioksidan asam klorogenat dalam biji kopi hijau dapat mencegah perkembangan empat jenis sel kanker, sehingga dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker.

  • Membantu melembabkan kulit

Kandungan asam lemak dan ester yang terdapat pada kopi hijau ini, bisa anda gunakan untuk memelihara  sekaligus melembabkan kulit anda. Dimana kedua kandungan tersebut mencakup Arachidonic Asam, Asam oleat, dan Asam linoleat, yang semuanya itu memang baik untuk menjaga kulit agar tidak mudah kendur dan cepat kering.

Selain manfaat, kopi hijau juga mengandung sejumlah risiko, seperti:

  • Dapat menyebabkan sakit kepala, telinga berdenging, serangan cemas dan detak jantung tidak teratur.
  • Kafein dalam kopi hijau dapat menyebabkan sakit perut, mual dan muntah, meningkatkan laju pernapasan dan detak jantung, serta memicu insomnia.
  • Jika dikonsumsi dalam kadar tinggi, kafein pada kopi hijau dapat memperparah diare.
  • Kafein dapat meningkatkan tekanan pada bagian dalam mata yang berhubungan dengan glaukoma.
  • Kafein dapat meningkatkan hilangnya kadar kalsium yang dikeluarkan melalui urine yang dapat berisiko melemahkan tulang.
  • Kafein dapat mengubah cara pengolahan gula pada tubuh pengidap diabetes sehingga dapat meningkatkan ataupun menurunkan kadar gula.

Di sini, hal yang perlu Anda perhatikan adalah sebelum mengonsumsi jenis kopi hijau ini, hendaknya mengetahui tentang takaran dalam mengonsumsinya. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here