Manfaat dari Kegiatan Mendongeng untuk Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seiring perkembangan zaman, banyak orang tua yang meninggalkan budaya mendongeng untuk anak. Kini para orang tua lebih memanfaatkan teknologi digital untuk menghibur buah hati mereka. Padahal dongeng yang dikisahkan langsung dari mulut orang tua merupakan hiburan yang tepat untuk anak. Apa manfaat yang akan di peroleh dari kegiatan mendongeng?

  1. Mampu meningkatkan kemampuan berbahasa

Memberikan cerita sebelum tidur bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berbahasa karena anak dapat menambah dan mengetahui jenis kosa kata.

  1. Melatih kekuatan berfikir anak

Manfaat kegiatan dongen pada anak membuat rasa keingintahuan atau penasaran sehingga hal tersebut dapat merangsang cara berfikir anak dan berlatih berimajinasi terhadap apa yang dceritakan.

  1. Media yang efektif

Dalam cerita dongeng banyak pesan positif yang disampaikan seperti kejujuran, keberanian, kebaikan, rasa empati, dan nilai-nilai positif lainnya sehingga mendongeng dapat dijadikan salah satu media yang efektif untuk menanamkan nilai positif pada anak.

  1. Mengasah kepekaan anak terhadap bunyi dan suara

Pada saat mendongeng ibu dapat menyampaikan intonasi dan bunyi sesuai dengan apa yang diceritakan, hal tersebut dapat mengasah pendengaran terhadap perbedaan bunyi tersebut sehingga anak dapat berlatih mengekspresikannya.

  1. Membuat anak untuk berani bertanya

Mendongeng membuat anak mampu untuk menyimak apa yang di sampaikan sehingga pada saat anak tidak memahami maksud dari cerita tersebut anak menjadi berani untuk bertanya. Keberaniannya untuk bertanya secara tidak langsung anak telah belajar tata cara berdialog dan melatih anak untuk lebih fokus dalam menerima informasi.

  1. Menanamkan akar budaya pada anak

Memberikan cerita pada anak atau mendongeng salah satu metode yang bisa anda gunakan untuk menanamkan budaya pada anak. Seiring berjalannya waktu anak akan memahami bahwa kebudayaan dan adat seseorang itu akan berbeda.

  1. Meningkatkan kecerdasan emosional anak

Dalam cerita atau dongen memiliki berbagai ekpresi emosional seperti marah, sedih, kecewa, senang dan lain sebagainya. Hal tersebut menjadi alternatif untuk melatih kecerdasan emosional anak. Akan tetapi hal tersebut tetap dalam pengawasan orangtua agar tetap stabil.

  1. Mempererat ikatan anak dengan orangtua

Mendongeng dapat bermanfaat untuk menjadikan ikatan anak dengan orangtua semakin erat. Pada saat mendongeng banyak waktu yang disisihkan untuk bersama anak, selain itu bercerita atau mendongeng dapat membuat komunikasi antara anak dengan orangtua menjadi lebih akrab.

  1. Membangun minat baca anak

Pada awalnya cerita atau dogeng tersebut dibacakan oleh orangtuannya, akan tetapi secara perlahan akan menimbulkan rasa penasaran anak untuk membacanya sendiri. Sehingga mendongeng dapat dijadikan salah satu upaya untuk meningkatkan minat baca pada anak.

  1. Mempermudah pendidikan anak

Terkadang orangtua mengalami kesulitan pada saat menyuruh anaknya belajar. Akan tetapi dengan memberikan cerita atau mendongeng dapat mempermudah pendidikan anak karena  upaya tersebut membuat anak lebih tertarik untuk belajar. Secara tidak langsung anak belajar untuk menyimak, melatih pendengaran, meningkatan kemampuan berbahasa dan lain sebagainya.

Banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan mendongeng atau memberikan cerita kepada anak. Selain 10 manfaat diatas kegiatan mendongen juga dapat mengajarkan kemampuan anak dalam menghadapi sitausi, melatih daya ingat, menumbuhkan rasa empati anak, dan meningkatkan kreativitas anak. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here