Manfaat Daun Katuk untuk ASI

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Air susu ibu (ASI) merupakanan satu-satunya makanan bagi bayi usia 0 sampai 6 bulan. Pada tahap ini, ada baiknya jika bayi tidak mengonsumsi makanan lain selain ASI. Jika sudah lebih dari 6 bulan, barulah dianjurkan untuk memberikan asupan makanan lain pendamping ASI, seperti sereal, buah atau sayur-sayuran yang diolah dan dihaluskan. Di artikel sebelumnya telah dijelaskan bermacam-macam manfaat ASI bagi bayi. Mulai dari kesehatan, kecerdasan, sampai perkembangan motoric anak nantinya.

Artikel kali ini, penulis akan memaparkan manfaat dari salah satu daun yang biasa dijadikan sayur, yakni daun katuk. Sejak jaman dahulu, daun katuk sendiri sudah terkenal memiliki manfaat besar bagi ASI. Daun yang biasa dijadikan sayur ini memiliki khasiat melancarkan ASI. Seorang ibu yang sedang menyusui jelas harus memilii jumlah ASI yang melimpah, guna mencukupi kebutuhan si buah hati. Salah satu cara yang bias Anda lakukan ialah mengonsumsi daun katuk untuk meningkatkan produksi ASI tanpa mengurangi kualitas dari ASI ini sendiri. Katuk sendiri bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, dengan tujuan agar ASI yang ia miliki berjumlah banyak ketika melahirkan nanti.

Salah satu kandungan yang ada dalam daun katuk ialah senyawa yang sangat berguna untuk pembentukan kolagen. Kolagen sendiri merupakan protein berserat. Kolagen inilah yang akan berfungsi sebagai pengatur kolestrol, menjaga imunitas, dan mempercepat proses penyembuhan luka. Selain senyawa yang akan membentuk kolagen, katuk juga memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk ibu dan si buah hati.

Daun katuk merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki daun dengan ukuran kecil. Selain vitamin C, daun katuk juga mengandung vitamin A. vitamin A ini berguna untuk menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan daya tahan tubh, dan masih banyak lagi.

Banyak cara yang bisa ibu gunakan untuk dapat mengambil manfaat dari daun katuk. Salah satu olahan paling umum yang dapat dilakukan ialah dengan menjadika daun katuk sebagai sayur. Anda dapat memasak daun katuk dengan tambahan jagung agar memiliki rasa lebih enak. Tentu saja dengan bumbu dasar yang biasa digunakan ibu-ibu saat memasak sayur.

Cara lain yang dapat dilakukan ialah menumis daun katuk. Untuk teknik yang satu ini, ada baiknya tidak terlalu lama saat proses memasak, karna bias jadi akan mengurangi kandungan yang ada dalam daun katuk. Selain itu, Anda juga bias membuat jus dari daun katuk. Dengan mencampurkan buah dengan rasa manis, Anda akan mendapatkan manfaat yang lebih dari sekadar dau katuk. (IKS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY