Manfaat Daun Sirih untuk Mengatasi Bau Badan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bau badan merupakan suatu kondisi yang tidak membahayakan namun tidak dapat anda sepelakan. Hal ini karena dapat menurunkan rasa percaya diri pada seseorang yang mengalaminya dan tentu akan mengganggu orang-orang disekitarnya pula karena mencium bau badan anda yang tidak sedap.

Penyebab terjadinya bau badan yaitu penumpukan bakteri yang berkembang di kulit. Selain itu ada beberapa faktor resiko yang menyebabkan terjadinya bau badan seperti :

  1. Pola makan dan minum yang berlebihan dapat memicu bau badan yang keluar dari kelenjar keringat.
  2. Kurangnya personal hygiene (kebersihan diri) dapat memicu terjadinya bau badan karena penumpukan bakteri.
  3. Perubahan hormon dapat menjadi salah satu faktor resiko terjadinya bau badan karena pada masa ini akan terjadi peningkatan produksi minyak yang memicu perkembangan bakteri.
  4. Konsumsi daun bawang yang berlebihan.
  5. Penyakit diabetes dapat memicu terjadinya masalah bau badan. Hal ini dikarenakan seseorang yang memiliki penyakit ini akan mengalami gangguan pada hormon dan kelenjar keringat.

Bagi anda yang mengalami kondisi ini tentu perlu anda atasi segera agar anda tetap tampil percaya diri dan siap melakukan tantangan dan aktivitas sehari-hari anda. Menjaga kebersihan adalah hal utama yang dapat anda lakukan untuk mengatasi bau badan dan membatasi asupan makanan yang dapat memicu terjadinya bau badan.

Selain itu anda dapat mengatasi kondisi ini dengan tanaman herbal yaitu daun sirih. Daun sirih memiliki kandungan kimia yang berperan sebagai antiseptik yang dapat membasmi pertumbuhan bakteri termasuk bakteri penyebab bau badan.

Beberapa kandungan kimia yang terdapat di dalam daun sirih yaitu minyak atsiri berupa kavikol, eugenol, sineol, karvakol dan kadiven. Berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan bau badan dengan menggunakan daun sirih, antara lain :

  1. Meminum rebusan daun sirih

Mengkonsumsi rebusan daun sirih dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi bau badan. Hal ini karena daun sirih memiliki kandungan zat kimia berupa antiseptik untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan dapat memberikan efek lebih wangi di badan karena dapat menjaga pH alami tubuh yang normal. Air rebusan daun sirih ini dapat pula di campur dengan air kunyit yang telah di parut. Campurkan madu agar rasanya lebih enak dan lebih manis.

  1. Mandi dengan rebusan daun sirih

Daun sirih yang segar dicuci bersih, kemudian anda remas atau potong bagian daun tersebut dan masukan potongan atau remasan daun tersebut ke dalam air di panci dan rebus hingga mendidih. Setelah itu anda mandi menggunakan air rebusan daun sirih dalam kondisi suhu normal (tidak panas dan tidak dingin).

  1. Membuat teh dari daun sirih

Anda dapat membuat teh dari daun sirih dan kemudian anda dapat mengkonsumsi air teh tersebut. Anda dapat mengkonsumsi air teh daun sirih yang di campur dengan daun beluntas dan jahe.

  1. Membuat masker

Untuk mengatasi bau badan yang menganggu anda dapat membuat masker yang terbuat dari dauh sirih. Selain itu anda dapat mengkombinasikannya dengan aneka jeruk, daun kemangi dan mentimun.

  1. Menerapkan langsung pada ketiak

Bau badan dapat diatasi dengan cara penggunaan bahan alami berupa daun sirih dimana salah satu caranya anda dapat menerapkan langsung daun sirih pada ketiak dengan cara menggosokan daun sirih yang segar dan bersih pada ketiak lalu diamkan 20 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here