Manfaat Daun Sirsak untuk Kanker

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kita semua pasti tidak ingin jika tubuh kita terserang suatu penyakit, hal tersebut tentu akan membuat aktifitas dan kesehatan kita terganggu. Penyakit yang menyerang bisa berupa penyakit yang ringan bahkan sampai serius dan mengancam jiwa, salah satu penyakit tersebut adalah kanker.

Anda pasti tidak asing dengan penyakit satu ini, sebuah penyakit yang bisa menyerang beberapa organ tubuh kita dan sangat berbahaya. Dengan melakukan pola hidup yang sehat dan teratur kita dapat mencegah tubuh kita terkena penyakit kanker, namun tahukah Anda jika ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mencegah terjadinya kanker. Salah satu bahan alami tersebut adalah daun sirsak.

Beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti mengungkapkan bahwa daun sirsak dipercaya dapat mencegah dan mengobati kanker dan tumor ganas. Disebutkan dalam Journal Of Natural Products memberikan kesimpulan dalam penelitiannya pada tahun 1999 bahwa studi yang dilakukan oleh Chatolic Universiity di korea selatan, menyatakan bahwa salah satu unsur kimia yang terkandung di dalam daun sirsak terdapat Graviola yang mampu membedakan dan menghancurkan sel kanker usus besar yang 10,000 lebih kuat dari Adriamycin dan Kemoterapi. Berikut ini merupakan kandungan yang ada pada daun sirsak:

  • Acetogenins. Acetogenins merupakan senyawa yang terdapat dalam daun sirsak dan berfungsi untuk menghambat proses perkembangan senyawa sel kanker. Senyawa acetogenins ini merupakan senyawa yang sangat selektif dalam menghambat pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Senyawa ini hanya menyerang sel kanker saja, hal ini memberikan keuntungan bagi sel sehat lainnya untuk tetap dapat melakukan regenerasi sehingga kondisi tubuh dapat berangsur membaik.
  • Kandungan lactones. Kandungan lactones terdiri atas vitamin A, B, C, dan E yang termasuk dalam senyawa antioksidan. Vitamin tersebut memiliki peranan penting bagi tubuh kita. Vitamin A memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan mata serta melindungi tubuh dari senyawa radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Vitamin B memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya kanker kulit, kanker otak, dan penyakit gizi buruk. Oleh karena itu, vitamin B dianggap memberikan nutrisi tambahan bagi organ tubuh agar berfungsi secara optimal. Vitamin C, berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga menyehatkan kulit. Sedangkan manfaat vitamin E adalah untuk membantu pengobatan penyakit kanker dan menghilangkan rasa nyeri bagi penderita kanker. Namun perlu diperhatikan untuk tidak mengkonsumsi vitamin secara berlebihan karena akan membahayakan kesehatan tubuh kita.
  • Kandungan isoquinoline. Kandungan isoquinoline termasuk dalam kandungan alkaloid di dalam obat herbal. Senyawa alkaloid merupakan senyawa yang dimiliki oleh tanaman sebagai hasil metabolisme dengan nitrogen. Kebanyakan dari senyawa ini adalah bersifat sebagai racun. Hal ini sebagai bentuk perlindungan dari hewan herbivora. Maka dari itulah, dengan pengolahan yang tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh, senyawa dalam kandungan ini mampu memberantas sel kanker secara alami dan efektif.
  • Kandungan protein atau lipid. Kandungan lipid merupakan senyawa lemak nabati yang mana dalam daun sirsak ini berfungsi untuk membantu penyerapan vitamin. Selain itu, senyawa lipid juga melakukan kerjasama dengan senyawa antioksidan dalam melakukan regenerasi sel tubuh yang telah rusak.
  • Flavonoid. Flavonoid merupakan senyawa yang dapat menurunkan lemak jahat pada darah. Pada penderita kanker otak, senyawa ini sangat dibutuhkan. Dikarenakan fungsi organ bekerja kurang optimal akibat sel kanker yang sedang berkembang, maka dengan adanya senyawa flavonoid, organ tidak perlu bersusah payah bekerja untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi yang ada di dalam tubuh.
  • Minyak atsiri. Minyak atsiri termasuk memiliki anti kanker yang cukup besar, layaknya kandungan minyak atsiri di dalam mahkota dewa maupun manfaat temulawak, minyak atsiri membantu tubuh untuk melawan sel kanker, sehingga tubuh dapat terlindungi dari berbagai macam penyakit kanker.
  • Saponin. Saponin merupakan senyawa yang mampu menangkal virus, bakter, dan kuman yang merugikan tubuh. Dengan adanya senyawa ini, mampu melindungi tubuh penderita tumor otak dari penyakit lain yang mungkin dapat menyerang sewaktu-waktu selama dalam proses penyembuhan.

Kandungan-kandungan yang terdapat pada daun sirsak tersebut dapat memberikan manfaat yang besar. Selain dengan mengkonsumsi daun sirsak, tentunya Anda harus mengimbanginnya dengan melakukan pola hidup sehat dan teratur agar tubuh Ana dapat terhindar dari serangan penykait khsusunya kanker.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY